review film perempuan tanah jahanam

Film Perempuan Tanah Jahanam Siap Menemani Penonton Indonesia #DiRumahAja

1563

(Jakarta,  11  Mei  2020)  Film  horor  thriller  hasil  karya  Joko  Anwar,  Perempuan Tanah Jahanam atau berjudul internasional Impetigore yang menjadi salah satu film horor yang sukses  di  box  office  Indonesia  dengan  mencatat  angka  penonton  1,7  juta  penonton  dan  telah melalang buana ke berbagai belahan dunia, siap menyapa pecinta film Indonesia mulai tanggal 20 Mei 2020 di salah satu layanan streaming film, GoPlay.

Film  yang  merupakan  produksi  dari  BASE  Entertainment  bekerjasama  dengan  Hollywood (Ivanhoe   Pictures),   Indonesia   (Rapi   Films   dan   Logika   Fantasi),   dan   Korea   Selatan   (CJ Entertainment)  ini  mengawali  penayangannya  di  bioskop  seluruh  Indonesia  pada  tanggal  17 Oktober  2019.  Film  ini  berhasil  melampaui  pencapaian  film  Pengabdi  Setan  untuk  jumlah penonton  di  hari  pertama  pemutarannya,  yaitu  sebanyak  117.001  penonton.  Angka  ini  terus melesat hingga 1 juta penonton di hari kesembilan. Film Perempuan Tanah Jahanam juga disebut lebih seram dari Pengabdi Setan dan dinobatkan sebagai film terbaik Joko Anwar oleh banyak media.

Salah  satu  catatan  prestasi  terbesar  film  Perempuan Tanah Jahanam adalah  premier internasionalnya  di  festival  film  bergengsi  dunia,  yaitu  2020  Sundance  Film  Festival  di  Utah, Amerika  Serikat.  Impetigore menjadi  satu-satunya  film  Asia  yang  diputar  di  program Midnight, salah satu program bergengsi di Sundance Film Festival. Beberapa film horor terbaik dunia seperti Hereditary (2018) dan The Babadook (2014) juga mendapat pemutaran perdananya di program ini. Di sana, tiket pemutaran perdana terjual habis dan filmnya menuai pujian dari berbagai pihak. Bahkan Impetigore terpilih oleh majalah American Cinematographers sebagai salah satu film dengan sinematografi terbaik di Sundance Film Festival 2020. Setelah Sundance Film Festival, Impetigore juga bertandang ke Eropa, tepatnya ke International Film Festival Rotterdam (Belanda) dan Göterborg Film Festival (Swedia).

Setelah  menjadi  box  office  di  tanah  air,  Perempuan Tanah Jahanam juga  berhasil didistribusikan  di  mancanegara,  seperti  Malaysia,  Singapura,  Brunei  Darussalam,  Thailand, Hongkong, Macau, Laos, Kamboja, dan Myanmar.

Baca Juga:  Hamilton. Drama Musikal Panggung Fenomenal

“Saya sangat senang dengan reaksi penonton di luar Indonesia, terutama saat pemutaran perdana di  Sundance  Film  Festival.  Ada  minat  besar  dari  industri  internasional.  Kami  mendapatkan banyak permintaan untuk menayangkan film Perempuan Tanah Jahanam di banyak festival mancanegara. Proses penjualan hak tayang internasional juga masih terus berjalan dan salah satu  yang  sangat  menggembirakan  adalah  kerjasama  kami  dengan  Shudder”,  ujar  Shanty Harmayn, produser dari Perempuan Tanah Jahanam.

 

Kerjasama film Perempuan Tanah Jahanam dengan Shudder sekali lagi membawa film ini untuk bisa dinikmati tidak hanya di Asia, tapi juga untuk penonton di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris Raya. Shudder, salah satu layanan streaming premium milik AMC Networks, telah membeli hak tayang Perempuan Tanah Jahanam untuk tiga kawasan tadi. Shudder dikenal  sebagai  salah  satu  layanan  streaming  yang  fokus  menayangkan  film-film  dan  serial bergenre horor, thriller, suspense, dan supranatural dari seluruh dunia.

“Shudder sangat populer di kalangan pecinta film horor di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris Raya. Dan kami bangga film Perempuan Tanah Jahanam atau Impetigore menjadi  salah  satu  dari  koleksi  film  horor  klasik  dan  orisinal  yang  menjadi  kekuatan  konten Shudder”, tutur Shanty Harmayn menambahkan.

Dan  sekarang,  film  Perempuan Tanah Jahanam dapat  disaksikan  di  aplikasi  GoPlay mulai tanggal 20 Mei 2020. Dengan tayang di GoPlay, para penggemar film horor, pengikut setia karya Joko Anwar yang sudah dan ingin menonton lagi, atau mereka yang penasaran tapi belum sempat   menonton   film   Perempuan Tanah Jahanam di   bioskop,   sekarang   bisa menikmatinya #dirumahaja.

“Saya sangat senang akhirnya Perempuan Tanah Jahanam bisa rilis di GoPlay. Banyak yang  ketika  rilis  di  bioskop  tidak  sempat  nonton  atau  takut  nonton.  Sekarang  bisa  nonton Perempuan Tanah Jahanam di  rumah  dengan  setting  yang  paling  diinginkan:  ruangan gelap, terang, bebas. Yang sudah nonton dan ingin kembali mengunjungi Desa Harjosari bersama Maya  dan  Dini  bisa  ke sana  lagi.  Mudah-mudahan  Perempuan Tanah Jahanam bisa dinikmati banyak orang. Di dalam negeri dan di luar. Sambutan untuk Perempuan Tanah Jahanam juga membanggakan. Setelah direspon hangat di Sundance Film Festival, Perempuan Tanah Jahanam juga segera rilis secara komersial di luar negeri,” kata Joko Anwar mengenai perilisan filmnya di GoPlay.

Baca Juga:  LINE dan Institut Vaksin Internasional Merilis Stiker Donasi BT21 Promosikan Vaksinasi Global dan Pengembangan Vaksin

Film Perempuan Tanah Jahanam bercerita tentang Maya (Tara Basro) dan sahabatnya, Dini (Marissa Anita) yang pergi ke desa untuk mencari tahu tentang harta warisan keluarganya, tanpa menyadari bahaya yang menanti. Film Perempuan Tanah Jahanam dibintangi oleh Tara Basro, Marissa Anita, Ario Bayu, Christine Hakim, Asmara Abigail, Kiki Narendra, Tengku Rifnu, Zidni Hakim, Faradina Mufti, Abdurahman Arif, Mian Tiara, Eka Nusa Pertiwi, Aghniny Haque, Arswendy Bening Swara, Ramadhan Al Rasyid, dan Ical Tanjung.

 

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.