Film Kontroversial “The Painted Bird” Dipilih Mewakili Republik Ceko Untuk Academy Awards ke 92

190

“The Painted Bird” karya Václav Marhoul, yang ditayangkan perdana di Venice Film Festival untuk kompetisi utama dan juga diputar di Toronto Film Festiva,  telah dipilih sebagai entri Republik Ceko untuk  Academy Awards ke 92 dalam kategori internasional feature film.

Film ini mengisahkan perjalanan seorang anak lelaki tanpa nama di Eropa Tengah yang diduduki Nazi selama Perang Dunia II. Bocah laki-laki itu dititipkan oleh orang tuanya (yang sedang dianiaya) kepada seorang ibu angkat, tetapi ketika perempuan tua itu meninggal, bocah lelaki itu dibiarkan mengurus dirinya sendiri, ia pun berkeliaran di pedesaan. Ketika ia berjuang untuk bertahan hidup, ia menerima perilaku brutal dari para petani Polandia yang percaya takhayul, bocah itu juga menyaksikan kekerasan yang mengerikan dari para tentara berhati dingin, baik dari pihak Rusia maupun Jerman.

Salah satu adegan miris menampilkan pengalaman si anak tadi dengan bagian tubuh terkubur di tanah hingga hanya menyisakan kepala, disamping kepalanya ada burung gagak yang sudah siap mengincar. Anak kecil itu juga diperlihatkan hampir membeku di tengah gunung bersalju dengan luka di sekujur tubuh.

Film ini menimbulkan kontroversi di Venesia dan Toronto karena kekerasannya. Ditampilkan dalam warna hitam dan putih menyerupai Schindler List dan film-film bertema Holocaust lainnya. Karena berisi banyak adegan brutal, satu per satu penonton meninggalkan gedung teater yang berkapasitas 522 kursi teater Bell Lightbox, tempat film itu ditayangkan. Hal yang sama terjadi saat film ini diputar di Venice Film Festival pada awal September.

Sebelumnya, programmer TIFF, Dorota Lech telah memperkenalkan film karya Marhoul ini ke audiens sebagai “pengalaman terjun ke sudut tergelap dari jiwa manusia,” ia pun telah menghimbau para penonton untuk tetap tinggal hingga akhir film. “Kadang-kadang sangat sulit untuk menonton kekejaman di layar, tetapi sangat penting untuk menjadi saksi,” kata Lech.

Baca Juga:  Lihat Reaksi Para Bintang di Malam “Kekacauan” Oscar

Variety menggambarkan film itu sebagai “kebrutalan yang tak henti-hentinya”, sementara Screen Daily menanggapi filmnya dengan ungkapan “kebobrokan dan kekejaman tanpa sukacita”, selanjutnya Guardian mengatakan film itu “tur neraka selama tiga jam yang buas dan membakar”.

“The Painted Bird,” diadaptasi berdasarkan novel eponymous oleh Jerzy Kosiński, dibintangi pendatang baru, Petr Kotlár, aktor senior, Harvey Keitel, Stellan Skarsgaard, Udo Kier dan Julian Sands.

Celluloid Dreams memiliki hak paten atas film tersebut, dengan Celluloid Dreams dan CAA Media Finance ikut mewakili hak-hak A.S. Keputusan untuk memilih film untuk Oscar dibuat oleh Czech Film and Television Academy.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.