Film Inspiratif yang Memotivasi Untuk Menjadi Pribadi Lebih Baik

981

Inspirasi bisa datang dari mana saja, bahkan dari film yang kita saksikan sebagai sarana hiburan. Lewat cerita yang dibawakannya, sebuah film dapat memberikan motivasi positif pada penontonnya. Dari berusaha keras demi menggapai mimpi, terus berjuang tanpa kenal lelah, dan masih banyak lagi. Terutama di masa pandemi global yang membuat hidup semakin sulit, tayangan seperti ini sangat dibutuhkan untuk menaikkan moral. Berikut adalah sejumlah film inspiratif berkualitas pilihan Cinemags, yang mungkin dapat memotivasi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

The Intouchables


Cast: François Cluzet, Omar Sy
Memberi kepercayaan penuh ternyata dapat memberi perubahan positif pada seseorang, dan hal ini diperlihatkan dalam The Intouchables. Philippe (Cluzet), pria kaya-raya yang mengalami quadriplegia akibat kecelakaan, memilih Driss (Sy) yang awalnya melamar secara ogah-ogahan sebagai perawatnya. Alasannya sederhana: ia adalah satu-satunya orang yang tidak merawatnya atas dasar kasihan. Berkat kepercayaan yang diberikan sang miliuner, Driss balik membantu majikannya mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Taare Zameen Par


Cast: Darsheel Safary, Aamir Khan, Tisca Chopra
Biasanya, orang tua mengindikasikan prestasi anaknya dengan nilai sekolah yang tinggi. Tapi film inspiratif produksi Bollywood ini mengajak audiens untuk mendobrak stigma tersebut. Ishaan Awasthi (Safary), bocah berusia 8 tahun, mengalami kesulitan dalam mempelajari semua mata pelajaran sehingga membuat orang tuanya khawatir. Tapi gurunya, Ram Shankar (Khan), berhasil mengetahui alasan di balik semua itu, bahkan menemukan bakat terpendam milik sang anak.

Good Will Hunting


Cast: Matt Damon, Robin Williams, Ben Affleck
Good Will Hunting bercerita mengenai Will Hunting (Damon), seorang petugas kebersihan di MIT yang ternyata dibekali otak jenius. Pasalnya, ia mampu memecahkan soal matematika yang bahkan tidak bisa dipecahkan oleh para mahasiswa. Tapi selain menunjukkan “don’t judge a book by its cover,” ada pelajaran lain yang disampaikan oleh film inspiratif ini. Hal itu adalah: dengan menghadapi inner demon, “belenggu” yang menghambat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik dapat dihancurkan.

Baca Juga:  Pendiri Alibaba Jack Ma Menghilang, Tahukah Anda Ia Pernah Menghajar Jet Li dan Donnie Yen dalam Sebuah Film?

Hacksaw Ridge


Cast: Andrew Garfield, Sam Worthington, Luke Bracey
Dalam peperangan di mana menghilangkan nyawa merupakan hal lumrah, jarang ditemui orang yang justru menolak untuk membunuh. Hal itulah yang dialami Desmond Doss (Garfield), tokoh utama dalam film inspiratif Hacksaw Ridge. Walau diterjunkan ke medan perang dan bahkan dimahkamah militerkan, ia tetap pada pendiriannya untuk tidak mengangkat senjata. Meski begitu, ia menghargai nyawa orang lain dan berjuang melindungi rekan-rekannya mencapai tempat yang aman.

Hachikō Monogatari


Cast: Tatsuya Nakadai, Kaoru Yachigusa
Walau derajatnya berada di bawah manusia, seekor binatang dapat memberikan kesetiaannya secara tulus jika dirawat dengan penuh kasih sayang. Hal tersebut diperlihatkan oleh film inspiratif asal Negeri Sakura, yang diadaptasi dari kisah nyata. Dipelihara oleh Profesor Shujiro Ueno (Nakadai) dengan baik sejak kecil, membuat Hachikō selalu menanti tuannya pulang dari kerjanya. Bahkan ketika sang profesor tidak kunjung kembali, sang anjing terus menanti dengan setia sampai akhir hayatnya.

The Pursuit of Happyness


Cast: Will Smith, Thandie Newton, Jaden Smith
Film inspiratif berikut ini mengajari kita “jangan biarkan orang berkata kalau kau tidak bisa melakukan sesuatu.” Meski kehilangan rumahnya, tidak memiliki uang dan bahkan harus menghidupi putranya, tidak membuat Chris Gardner (Smith) patah semangat. Dengan gigih, ia menjalani profesinya sebagai salesman dan menjalankan metode unik untuk menarik minat konsumen. Sesuai judulnya, perjuangan kerasnya dalam mengejar kebahagiaan akhirnya membuahkan hasil yang manis.

Freedom Writers


Cast: Hilary Swank, Imelda Staunton, Patrick Dempsey
Kehadiran pembimbing yang baik terbukti mampu memberikan perubahan positif; itulah pesan yang disampaikan oleh film inspiratif rilisan tahun 2007 ini. Erin Gruwell (Swank) adalah tenaga pengajar yang ditempatkan di sebuah kelas berisi murid-murid paling “berbahaya.” Meski sempat kesulitan, ia mulai dihormati anak didiknya setelah memperlihatkan penentangannya terhadap rasisme. Mereka bahkan bersedia memberikan penggalan kisah hidupnya pada Erin, yang merubahnya menjadi sebuah buku bertajuk “The Freedom Writers Diary.”

Baca Juga:  Fourcolours Films Umumkan Film Terbaru ‘YUNI’

Pay it Forward


Cast: Kevin Spacey, Haley Joel Osment, Helen Hunt
Berawal dari tugas yang diberikan gurunya, Eugene Simonet (Spacey), Trevor McKinney (Osment) memulai sebuah gerakan sosial yang positif. Caranya adalah membantu 3 orang, dan meminta masing-masing dari mereka untuk meneruskannya pada 3 individu lain. Awalnya beredar di antara orang-orang terdekatnya, rangkaian kebaikan yang dimulai oleh Trevor pun menyebar ke seluruh penjuru negeri. Lewat film inspiratif ini, audiens diajak untuk menyaksikan efek positif dari menebarkan perbuatan baik kepada orang-orang.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.