Film Heist Terbaik Sepanjang Masa (Bagian III End)

226

Film Heist telah berkembang selama beberapa dekade, dalam pelbagai bentuk dan gaya. Dari yang sederhana dan elegan hingga yang kasar dan keras, para filmmaker telah menyajikan film heist ke segala bentuk. Di antara semua yang pernah dibuat, yang terbaik di antaranya telah memberikan sajian jajaran pemain terkemuka yang sempurna, eksekusi rencana heist yang rumit, atau telah membawa narasi kisah aksi heist ini ke arahan yang unik dan inovatif. Berkenaan dengan kabar bahwa akan diproduksi film baru tanah air yang akan mengedepankan tema heist, berikut ini kami sajikan daftar rekomendasi film heist terbaik sepanjang masa.

 

A Fish Called Wanda

A Fish Called Wanda adalah sebuah film heist yang dikemas dalam bentuk komedi cerdas. Skenario jenaka ini mengikuti empat karakter lucu yang bekerja sama untuk melakukan perampokan, tetapi ketika mereka mulai saling bersilangan, komedi pun terjadi. A Fish Called Wanda menggabungkan pemeran yang sempurna dengan kecerdasan komedi Inggris untuk salah satu film heist terbaik dan paling lucu, bahkan puluhan tahun kemudian.

 

Point Break

Terlepas dari upaya yang lemah versi daur ulangnya di tahun 2015, Point Break  masih tetap menjadi salah satu film heist yang lebih klasik hingga hari ini. Katheryn Bigelow mengarahkan pemeran hebat termasuk Keanu Reeves, Patrick Swayze, dan Gary Busey dalam kisah seorang agen FBI yang menyamar untuk menyelidiki sekelompok perampok bank. Kombinasi Point Break dari adegan perampokan yang tak terlupakan, ketegangan proses penyamaran, dan energi tinggi menghasilkan sebuah film perampokan klasik yang unik.

 

Reservoir Dogs

Film pertama Quentin Tarantino ini kaya dengan elemen-elemen film heist klasik, berfokus pada apa yang tidak dimiliki oleh film-film genre lainnya. Struktur non-linier film terbuka setelah perampokan dan Tarantino membuat audiens secara aktif menyatukan cerita dan sukses memberikan pandangan baru dalam genre yang penuh dengan stereotip, kiasan, dan klise di film heist terbaik ini.

Baca Juga:  Spirit Untamed: Sinopsis dan Ulasan

 

Inception

 

Meskipun Christopher Nolan sempat menghadirkan salah satu adegan heist terbaik lewat adegan pembuka The Dark Knight, namun Inceptionlah yang murni merupakan film heist yang digarap Nolan. Meski tujuan pencuriannya bukanlah uang, emas, maupun permata, di sini Nolan sukses memukau banyak kalangan lewat paduan unsur-unsur film heist yang hebat dengan kekaguman dan keajaiban fiksi ilmiah. Hasilnya,  Inception adalah salah satu film terbaik Nolan dan salah satu film heist terbaik paling orisinal yang pernah ada.

 

The Sting

Setelah dunia terpikat dengan chemistry Paul Newman dan Robert Redford di bermain bersama di Butch Cassidy dan Sundance Kid, keduanya mampu mengulanginya di The Sting. Mengikuti tipu daya pintar dari dua penipu dan perampokan terakhir, film heist terbaik ini menjadi film Universal Studios pertama yang memenangkan Oscar Film Terbaik sejak All Quiet di Western Front pada tahun 1930. The Sting memanfaatkan ansambel Redford, Newman dan sutradara George Roy Hill dengan nada komedi, tetapi mampu menjelma menjadi film heist yang solid dalam plot kerumitan dan tipu dayanya.

 

The Thomas Crown Affair

Sementara banyak yang menilai film The Thomas Crown Affair pada tahun 1999 di antara film kriminal terbaik, penghormatan lebih layak diberikan pada film aslinya untuk membangun kepintaran dan kesejukan film tersebut meskipun ada perbedaan dalam plot.  Film heist terbaik ini meski plot kisahnya sejatinya ringan dan lebih sederhana dibanding banyak film heist lainnya namun berhasil memikat banyak kalangan dan sukses menjulangkan nama Steve McQueen yang tampil sangat meyakinkan sebagai pencuri ulung yang elegan, tenang, serta penuh perhitungan menjadi salah satu aktor legendaris Hollywood.

Baca Juga:  Bill Skarsgård Bergabung dengan Proyek John Wick 4

 

The Killing

Inilah cikal bakal film heist yang nantinya menjadi salah satu primadona genre film kriminal di Hollywood. Sebelum mereka menjadi genre klise banyak elemen film heist hanyalah ide-ide dalam imajinasi liar Stanley Kubrick yang berusia 27 tahun. Untuk memahami kecerdikan Kubrick di The Killing, Anda harus terlebih dahulu mengenali kebanyakan film yang telah dipengaruhinya. Struktur non-linear di sini bisa dikatakan menginspirasi karya Tarantino dalam Reservoir Dogs and Pulp Fiction. Adegan menyembunyikan pistol dalam kado atau kotak telah digunakan dalam film-film seperti Dog Day Afternoon dan The Godfather. Pengaruh film ini juga dapat dirasakan di Ocean’s Eleven, The Dark Knight, dan Logan Lucky. The Killing telah teruji oleh waktu di antara film-film terbaik Kubrick dan sebagai salah satu film heist terbaik sepanjang masa.

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.