Film Heist Terbaik Sepanjang Masa (Bagian II)

588

Film Heist telah berkembang selama beberapa dekade, dalam pelbagai bentuk dan gaya. Dari yang sederhana dan elegan hingga yang kasar dan keras, para filmmaker telah menyajikan film heist ke segala bentuk. Di antara semua yang pernah dibuat, yang terbaik di antaranya telah memberikan sajian jajaran pemain terkemuka yang sempurna, eksekusi rencana heist yang rumit, atau telah membawa narasi kisah aksi heist ini ke arahan yang unik dan inovatif. Berkenaan dengan kabar bahwa akan diproduksi film baru tanah air yang akan mengedepankan tema heist, berikut ini kami sajikan daftar rekomendasi film heist terbaik sepanjang masa. Baca juga bagian pertama artikel film heist terbaik ini di sini.

 

Heat

Judul film tersebut dengan sempurna dan ringkas menggambarkan intensitas dan ketegangannya karena mengikuti sekelompok perampok bank profesional yang hampir kehilangan semuanya. Dengan penampilan luar biasa dari Robert DeNiro, Val Kilmer, dan Al Pacino, film heist terbaik ini bermain tentang polisi dan perampok klasik yang dinamis dengan penyajian modern yang melebihi semua ekspektasi berkat arahan apik Michael Mann.

 

Bonnie and Clyde

Film heist terbaik ini mengikuti kisah kehidupan nyata Bonnie Parker dan Clyde Barrow, pasangan kriminal yang memimpin sekelompok perampok bank dan penjahat selama masa Depresi Hebat. Film ini menampilkan kekerasan dan baku tembak yang menandai dimulainya New Hollywood. Film heist terkemuka ini beroperasi dengan rasa naturalisme yang memanfaatkan sifat kejahatan yang sebenarnya dan berbahaya. Bonnie dan Clyde mengejutkan Hollywood dan menjadi preseden film-film yang akan datang, membuktikan bahwa baku tembak dan kekerasan, dalam konteks cerita yang hebat, dapat menarik penonton di teater.

Baca Juga:  Robert Emms Bergabung dengan Proyek Serial Andor

 

Bottle Rocket

Film pertama Wes Anderson, Bottle Rocket, mungkin terlihat berbeda dari gaya estetika khas penyutradaraannya yang sekarang terkenal, tetapi tetap terasa seperti film Wes Anderson. Ditulis bersama Owen Wilson, Bottle Rocket menggabungkan kenaifan dengan kecerdasan dan humor yang audiens harapkan dari sutradara auteur ini. Film heist terbaik ini juga mengedepankan pandangan unik tentang film kejahatan. Meskipun tidak masuk dalam daftar film terbaik Wes Anderson, ini adalah cara yang bagus untuk melihat dimulainya gaya Anderson.

 

Ocean’s Eleven

Sementara banyak yang skeptis tentang pembuatan ulang aslinya, Ocean’s Eleven melebihi semua harapan. Kehadiran layar The Rat Pack cocok dengan pemeran bertabur bintang remake, termasuk Clooney, Pitt, dan Damon. Sutradara Steven Soderbergh memanfaatkan film heist masa lalu untuk membuat salah satu film perampokan paling ikonik di era modern. Ocean’s Eleven lucu, apik, rumit, dan pintar sehingga menjadikannya film heist terbaik komersial Hollywood klasik serta salah satu film terbaik Steven Soderbergh hingga saat ini.

 

Baby Driver

Edgar Wright menciptakan ritme dalam Baby Driver yang membuatnya begitu memikat. Meskipun mungkin tidak memiliki intensitas dan ketegangan film heist tradisional, ini beroperasi pada tingkat kesenangan yang tidak dapat disangkal. Kali ini, ia menggabungkan ciri khas penyutradaraannya dengan adegan kejar-kejaran mobil, pemeran yang menonjol, dan olok-olok jenaka yang menjadikannya film heist terbaik yang sekaligus merupakan film musikal postmodern dengan adegan-adegannya yang sesuai dengan musik pengiringnya.

 

Dog Day Afternoon

Berdasarkan peristiwa nyata yang terjadi di tahun 1972, Dog Day Afternoon mennceritakan aksi Sonny (Al Pacino) yang merampok bank untuk membayar operasi kekasihnya. Yang terjadi kemudian adalah sirkus media dan situasi penyanderaan yang, pada kenyataannya, menjadi peristiwa yang kemudian digunakan oleh departemen kepolisian dalam melatih petugas bagaimana menangani situasi penyanderaan. Betapapun keterlaluan filmnya, film heist terbaik ini dengan berani dan masing-masing berusaha untuk tetap sedekat mungkin dengan kisah nyata. Al Pacino memberikan penampilan luar biasa dalam film yang jujur dan menarik yang lebih aneh dari fiksi.

Baca Juga:  Kabar Gembira, Sekuel Cruella Kini Sedang Dikembangkan oleh Disney

 

Rififi

Ketegangan Rififi yang mencekam terungkap dalam adegan berdurasi tiga puluh menit tanpa dialog atau musik. Awal film telah mempengaruhi banyak penerusnya dalam genre kriminal. Ini mengatur hadiah dan risiko sebelum adegan pencurian yang intens selama tiga puluh menit. Sementara banyak film thriller dan horor modern menggunakan tata suara untuk membenamkan penonton ke dalam ketegangan sebuah adegan, Rififi adalah salah satu film pertama yang menerapkannya secara intens. Kecerdikannya dalam menggunakan suara sebagai alat untuk menciptakan ketegangan serta skenario yang terstruktur dengan baik menjadikannya film  ini sebagai salah satu film heist terbaik sepanjang masa.

 

American Animals

Berdasarkan kisah nyata yang luar biasa dari empat pemuda yang mencoba salah satu perampokan seni paling berani dalam sejarah AS, American Animals menampilkan  ketegangan dan humor dengan cara yang lebih mendekati kenyataan daripada kebanyakan film perampokan. Realisme bekerja untuk dan melawannya. Ini menciptakan karakter yang dapat terhubung dengan audiens dan simpatik dalam skenario liar yang terbentang di depan mata kita. Tapi, film heist terbaik itu juga tidak memiliki tontonan seperti film laris fiksi besar-besaran.

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.