Film Heist Terbaik Sepanjang Masa (Bagian I)

702

Film Heist telah berkembang selama beberapa dekade, dalam pelbagai bentuk dan gaya. Dari yang sederhana dan elegan hingga yang kasar dan keras, para filmmaker telah menyajikan film heist ke segala bentuk. Di antara semua yang pernah dibuat, yang terbaik di antaranya telah memberikan sajian jajaran pemain terkemuka yang sempurna, eksekusi rencana heist yang rumit, atau telah membawa narasi kisah aksi heist ini ke arahan yang unik dan inovatif. Berkenaan dengan kabar bahwa akan diproduksi film baru tanah air yang akan mengedepankan tema heist, berikut ini kami sajikan daftar rekomendasi film heist terbaik sepanjang masa.

 

Logan Lucky

Steven Soderbergh keluar dari masa hiatusnya untuk menyutradarai Logan Lucky,  sebuah film heist beroktan tinggi yang kompleks tentang dua bersaudara yang mengumpulkan tim untuk merampok di ajang balapan legendaris. Soderbergh sukses mengumpulkan para pemain yang sempurna dalam cerita yang sangat menyenangkan namun rumit ini. Penuh dengan karakter eksentrik dan adegan dialog yang jenaka, Logan Lucky berada di antara film terbaik Steven Soderbergh dan membuktikan bahwa ia masih memiliki apa yang diperlukan untuk menghibur penonton di bioskop mana pun.

 

The Bank Job

Film heist Inggris ini mampu menggabungkan gaya klasik dengan sentimen yang tidak diunggulkan. Film ini penuh dengan adegan dialog yang kuat dan karakter menarik yang lebih fokus pada sistematika pencurian daripada tontonan megah. Estetika tahun 70-an dan desain produksi adalah latar belakang yang sempurna untuk nuansa film lawas yang kasar, menjadikannya berfungsi secara unik sebagai kontras dengan kebanyakan film heist lainnya yang biasanya elegan.

 

The Town

Membintangi sekaligus menyutradarai, Ben Affleck memukau lewat The Town, film heist yang diisi dengan karakter yang berkesan, detektif yang gigih, dan kisah cinta memikat. Meski kala menghadirkan The Town nama Affleck tengah terpuruk, di sinilah bisa dibilang titik awal kebangkitannya. Selain Affleck, pemain lain yang mampu mencuri perhatian di film ini adalah Jeremy Renner yang berperan sebagai saudara Affleck dan karakter pembawa masalah.

Baca Juga:  Pecahkan Rekor, Squid Game Berhasil Menjadi Original Series Terlaris Neflix

 

The Italian Job

Hasil adaptasi dari film heist berjudul sama rilisan tahun 1969 ini berhasil merevitalisasi film pendahulunya dengan sajian chemistry apik pemeran bertabur bintang, aksi balas dendam, dan parade Mini-Cooper. Meski sejatinya gagal mengambil resiko apapun untuk membuat plot maupun karakternya jadi lebih menarik, film heist ini sukses menjadi sajian mengasyikkan dan menghibur berkat adegan kejar-kejarannya yang sulit dilupakan.

 

Hell or High Water

Dari penulis Sicario dan Wind River, Taylor Sheridan, Hell or High Water menggabungkan suasana dan tema dari Neo-Western dengan aksi film heist dengan cara yang menarik. Kisahnya berfokus pada dua bersaudara yang mencoba menyelamatkan peternakan keluarga mereka dengan mengumpulkan uang sebisa mereka. Film ini bermain dengan tema dan karakter yang telah kita lihat sebelumnya, tetapi menyajikannya dengan cara yang baru dan terasa segar.

 

Fast Five

Fast Five adalah titik balik yang sepenuhnya mengubah franchise Fast and Furious dengan memperkenalkan Dwayne “The Rock” Johnson dan alur plot heist baru. Elemen film baru ini membawa franchise ini dari seri balap jalanan yang agak berlebihan ke dunia kriminal, sensasi, dan hiburan. Perlu juga disebutkan bahwa Vin Diesel dan The Rock berhadapan dalam pertarungan tinju epik yang Anda pikir tidak akan pernah terjadi yang menjadikan film ini salah satu film heist terbaik sepanjang masa.

 

Jackie Brown

Film heist ini adalah film Quentin Tarantino yang paling underrated, karena fakta ini adalah film sang sineas yang skalanya paling kecil sepanjang karier penyutradaraannya. Akan tetapi, justru karakteristik inilah yang menjadikan apa yang disajikannya di sini berhasil mengelevasi performa Pam Grier, Samuel L. Jackson, dan Robert DeNiro. Hasilnya adalah film dengan sajian skenario apik yang dieksekusi secara brilian oleh para pemainnya.

Baca Juga:  Trailer Baru dan Tanggal Rilis Blade Runner: Black Lotus Terungkap!

 

Inside Man

Meskipun Spike Lee dikenal dengan gaya auteurist- nya, pengekangannya dalam mengarahkan Inside Man terbukti berhasil untuk ceritanya. Kisah mencekam tentang perampok bank, detektif polisi, dan broker kelas atas ini membutuhkan waktu lima tahun bagi penulis skenario Russell Gewirtz untuk menulisnya. Tapi semua kerja keras itu terbayar saat mendarat di tangan Spike Lee. Meskipun Inside Man tidak memiliki gaya Spike Lee yang berbeda, hal itu memungkinkan ketegangan dan sensasi menjadi pusat perhatian. Film heist ini diperkuat dengan penampilan luar biasa oleh Denzel Washington, Willem Dafoe, dan Jodie Foster dan masuk dalam sepuluh besar film terbaik Spike Lee.

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.