Film Hacker Terbaik Sepanjang Masa yang Layak Ditonton

1720

Di zaman serba modern seperti sekarang, kriminalitas tidak hanya terjadi di dunia nyata tetapi juga di dunia maya, alias cybercrime. Berkat kecanggihan teknologi, seseorang bisa melakukan tindak kejahatan tanpa perlu meninggalkan rumah, bahkan beranjak dari kursi. Aktivitas inilah yang dilakukan oleh hacker, yang memanfaatkan teknologi untuk mem-bypass sistem keamanan demi mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Walau biasanya dikaitkan dengan citra negatif, aksi para peretas ini mampu menarik perhatian kalangan filmmaker di seluruh belahan dunia. Tidak heran kalau dewasa ini, ada banyak film bertema hacking yang diluncurkan ke pasaran, meski tidak semua berhasil meraih sukses. Bagi moviegoer yang menyukai tema seperti ini, berikut adalah film hacker terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. [Aseek]

Who Am I (2014)


Cast: Tom Schilling, Elyas M’Barek, Hannah Herzsprung, Trine Dyrholm, Leonard Carow
Bagi moviegoer yang menyukai film-film dengan plot twist menarik, film produksi Jerman ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Kisahnya difokuskan pada Benjamin Engel, yang bergabung dengan sebuah hacking group bernama Clowns Laughing at You (CLAY). Awalnya hanya ingin meraih popularitas, CLAY menjadi kelompok paling dicari oleh badan khusus kriminalitas di Uni Eropa, Europol. Dengan twist yang tak terduga dalam kisahnya, Who am I menjadi film hacker terbaik yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Snowden (2016)


Cast: Joseph Gordon-Levitt, Shailene Woodley, Melissa Leo, Zachary Quinto, Tom Wilkinson
Keberaniannya membocorkan informasi mengenai pengawasan ilegal yang dilakukan oleh pemerintah, membuat Edward Snowden dipandang sebagai pahlawan. Tapi sebaliknya, aksinya tersebut membuatnya dituduh sebagai pengkhianat oleh CIA dan NSA, memaksanya untuk hijrah dari tanah kelahirannya. Itulah inti cerita dalam Snowden, dengan Joseph Gordon-Levitt sebagai bintang utamanya. Menampilkan teknologi dan kultur hacker yang realistis, tidak heran kalau film ini dipandang sebagai salah satu film hacker terbaik.

Baca Juga:  Paul W.S. Anderson akan Mengadaptasi Film Guillermo del Toro, Mimic Menjadi Sebuah Serial

Sneakers (1992)


Cast: Robert Redford, Ben Kingsley, Sidney Poitier, David Strathairn, Dan Aykroyd
Martin Bishop memimpin sebuah tim berisikan sejumlah pakar keamanan siber. Timnya direkrut oleh Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) untuk mendapatkan black box yang disinyalir dibuat untuk pemerintah Rusia. Namun, setelah mengetahui isi dari black box tersebut, Martin dan rekan-rekannya terjerumus dalam dunia spionase yang penuh intrik. Keberhasilannya membawakan tema serius dalam tone yang ringanlah yang membuat Sneakers jadi salah satu film hacker terbaik.

Live Free or Die Hard (2007)


Cast: Bruce Willis, Justin Long, Timothy Olyphant, Cliff Curtis, Maggie Q
Live Free or Die Hard membawa John McClane berhadapan dengan aksi terorisme yang belum pernah ia tangani sebelumnya: cyberterrorism. Sebagai pimpinan sekelompok hacker, Thomas Gabriel berusaha untuk melumpuhkan infrastruktur di seluruh Amerika Serikat. Menghadapi ancaman yang belum pernah ia alami sebelumnya, John McClane harus bekerja sama dengan white hat hacker bernama Matthew Farrell. Perpaduan aksi hacking dan adegan laga berkualitas menjadikan entri kelima seri Die Hard ini sebagai salah satu film hacker terbaik.

WarGames (1983)


Cast: Matthew Broderick, Dabney Coleman, John Wood, Ally Sheedy, Michael Madsen
Dipandang sebagai salah satu film hacker terbaik, WarGames bercerita tentang seorang hacker muda bernama David Lightman. Awalnya, ia hanya memakai keahliannya untuk merubah nilai-nilai sekolahnya. Namun, setelah tanpa sengaja terkoneksi dengan superkomputer WOPR, tindakannya memicu serangkaian insiden yang hampir memicu pecahnya Perang Dunia III! Bekerja sama dengan pencipta WOPR, David harus berusaha menghentikan sang superkomputer yang siap melancarkan perang nuklir.

Swordfish (2001)


Cast: John Travolta, Hugh Jackman, Halle Berry, Don Cheadle, Sam Shepard
Berkat kemampuan hacking yang dimilikinya, Stanley Jobson direkrut oleh Gabriel Shear untuk mengembangkan sebuah worm. Namun, tugasnya tidak berakhir setelah program ciptaannya selesai, karena ia harus terlibat dalam aksi terorisme yang dilakukan Gabriel dan kelompoknya! Diam-diam, ia pun bekerja sama dengan agen FBI untuk menggagalkan aksi Gabriel. Selain menawarkan aksi-aksi tingkat tinggi, Swordfish menjadi salah satu film hacker terbaik karena menampilkan twist menarik ke dalam ceritanya.

Baca Juga:  Teaser Baru Wonder Woman 1984 Memperlihatkan Cheetah Sedang Beraksi

Hackers (1995)


Cast: Jonny Lee Miller, Angelina Jolie, Jesse Bradford, Matthew Lillard, Laurence Mason
Untuk membuktikan kemampuannya, salah satu anggota klub hacker membobol ke dalam superkomputer milik sebuah perusahaan raksasa. Tanpa ia ketahui, aksi tersebut membuat dirinya dan grupnya terlibat dalam konspirasi yang berkaitan dengan virus komputer berbahaya. Sambil menghindari kejaran dinas rahasia, mereka harus membongkar konspirasi jahat itu untuk membersihkan nama mereka. Dalam film hacker terbaik ini, Anda bisa menyaksikan aksi Angelina Jolie ketika masih muda dalam peran yang unik.

Blackhat (2015)


Cast: Chris Hemsworth, Tang Wei, Viola Davis, Holt McCallany, Wang Leehom
Sebuah reaktor nuklir di Tiongkok mengalami ledakan akibat ulah hacker. Untuk itu, pemerintah bekerja sama dengan FBI untuk mencari dalang di balik aksi terorisme tersebut. Dan satu-satunya sosok yang dapat membantu mereka adalah Nicholas Hathaway, seorang hacker andal yang tengah menjalani masa tahanan. Selain dari performa apik Chris Hemsworth, Blackhat tampil menarik karena Jakarta dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar di sejumlah adegan.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.