Film-Film Karya Terbaik Tim Burton. Birthday Tribute

651

Tim Burton adalah contoh paling jelas tentang bagaimana hampir setiap orang luar, setelah mereka cukup sukses, mau tidak mau menjadi orang dalam. Burton terkenal berhenti dari pekerjaannya sebagai animator Disney – salah satu pekerjaan yang paling didambakan dalam animasi, jelas – karena frustrasi karena ia tidak bisa membuat suaranya sendiri didengar, jadi ia mundur kemudian membuat dua film pendek yang sangat orisinal, Frankenweenie dan Vincent.

Hal ini menyebabkan ia diperhatikan oleh studio, dan dalam lima tahun setelah film pendek keduanya, ia telah mengarahkan tiga hit besar berturut-turut untuk Warner Bros .: Orang yang terlalu aneh bagi Disney tiba-tiba menjadi salah satu sutradara terbesar dan terkuat di dunia, dengan film-film yang punya ciri khas penyutradaraannya yang kental. Maka, untuk merayakan hari jadinya ke- .., yang tepat jatuh pada hari ini berikut kami hadirkan deretan film-film karya terbaik Tim Burton menurut versi kami, kalau kalau ingin diputar ulang untuk merayakannya.

 

Edwards Scissorhands

Film ini hingga sekarang masih menjadi karya terbaik Tim Burton di mana paling mudah melihat ekspresi paling murni dari sensibilitas Burton. Beginilah cara Burton memilih untuk sementara menjauh dari Batman-nya, yakni lewat dongeng fantasi pinggiran kota yang kelam tentang seorang pemuda misterius yang begitu jauh dari dunia dengan gunting untuk tangannya: monster yang tidak pernah bisa membiarkan siapa pun mendekat. Depp tampil sempurna sempurna di sini, dan Winona Ryder persis seperti gadis yang melihat dirinya dalam “orang aneh” ini. Aneh sekaligus indah, Edwards Scissorhands juga diakui sebagai salah satu film paling romantis modern Hollywood sepanjang masa.

 

Ed Wood

Baca Juga:  Trailer The Seventh Day Ungkap Peran Guy Pearce sebagai Pengusir Setan

Mungkin tidak ada penjabaran paling tepat yang membuktikan bahwa Burton adalah sineas yang hebat sekaligus buruk selain fakta bahwa film yang dianggap banyak kalangan sebagai karya terbaiknya, sekaligus juga merupakan karya terburuknya. ย Film karya terbaik Tim Burton tentang biografi seorang pembuat film terkenal tanpa bakat ini lucu dan sangat mempengaruhi, baik dalam perjalanan penting insan yang terlibat di dalamnya, khususnya Johnny Depp. Film ini adalah film Burton dengan pendapatan paling rendah sepanjang kariernya namun hingga saat ini bahkan setelah 25 tahun sejak perilisannya masih menjadi film Burton dengan rating kualitas paling tinggi.

 

Batman

Film superhero modern pertama – dan yang menciptakan standar pola pikir Hollywood tentang film adaptasi komik. Sebelum Batman, film-film superhero tampil dalam nuansa dan kisah yang cerah. Namun, Burton kemudian menohok dengan tone kisah dan visualisasi yang kelam, dengan menitikberatkan pada kompleksitas karakter baik protagonis maupun antagonisnya. Tidak lupa juga ia menanamkan jiwanya yang funky ke dalam IP ini. Membuat kita melihat sosok Batman seperti yang ingin ia sampaikan, sebagai sosok asing kesepian yang memiliki lebih banyak kesamaan dengan musuh bebuyutannya, daripada yang ingin ia akui. Hasilnya, Batman sukses besar. Tidak hanya itu saja, film karya terbaik Tim Burton ini menjadi sangat penting dan vital dalam sejarah perkembangan film superhero di Hollywood hingga saat ini. Begitu juga film sekuelnya, Batman Returns yang juga sukses baik secara kualitas maupun komersial.

 

Beetlejuice

Ini adalah salah satu film yang tidak mungkin dibayangkan orang lain selain Burton sebagai sutradara. Ini ringan dan lucu dengan cara yang menawan dan mudah diakses, tetapi menyeramkan dan mengejutkan saat Anda tidak menduganya. Dan, ia dibantu penampilan apik jajaran pemain yang nantinya menjelma menjadi nama-nama besar di Hollywood: ย Alec Baldwin, Geena Davis, Winona Ryder, dan Michael Keaton sebagai pemeran utamanya.

Baca Juga:  Film Unhinged menampilkan Russell Crowe dengan akting penuh kemarahan

 

Big Eyes

Jika ingin menyaksikan film garapan Tim Burton modern yang lain dari yang lain namun masih memiliki gaya penyutradaraannya, maka film karya terbaik Tim Burton ini adalah yang paling tepat. Film tentang kisah biografi pelukis Margaret Keane dan perkara kasusnya dengan sang suami, Walter Keane, yang selama tahunan mengklaim karya sang istri adalah karyanya. Ditunjang penampilan apik Christoph Waltz dan Amy Adams, Big Eyes dijamin akan memberikan perspektif baru pada audiens mengenai film karya penyutradaraan Tim Burton.

 

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.