Film-film Adaptasi Komik Mark Millar (Bagian Kedua)

130

Selain The Secret Service, yang kemudian menginspirasi Matthew Vaughn membuat franchise Kingsman, yang belum lama ini merilis materi trailer final untuk babak paling gresnya, The King’s Man, Mark Millar ternyata sudah memiliki deretan judul film yang usut punya usut materinya merupakan hasil adaptasi maupun diinspirasi dari komik-komik lain karyanya. Sementara, walaupun salah satu serial adaptasi komiknya, Jupiter’s Legacy dipastikan tidak akan berlanjut, kisah-kisah komik Millar lainnya dipastikan akan segera diadaptasi dalam term sinematik Millarworld (simak daftar proyek masa depan yang akan diangkat dari karya-karya komik Mark Millar lainnya di sini), berikut ini paparan singkat film-film adaptasi komik Mark Millar. Apakah Anda notabene sudah mengetahui perihal informasi ini sejak dulu? Mana yang di luar perkiraan Anda?

 

Fantastic Four

Film reboot franchise Fantastic Four yang digawangi Josh Trank ini juga ternyata banyak elemennya merupakan hasil adaptasi bebas sang sineas dan timnya dari komik karya Mark Millar bersama Brian Michael Bendis dan Adam Kubert yang berjudul Ultimate Fantastic Four. Di kisah komik Fantastic Four ini, trio Millar-Bendis-Kubert berusaha memperbarui kisah asal usul para anggota F4 menjadi lebih modern. Sama halnya dengan materi komiknya, film Josh Trank yang berkomposisikan Michael B.Jordan, Milles Teller, Kate Mara, Jamie Bell dan Tobey Kebbell ini menempatkan para karakter utamanya sebagai siswa sekolah bergengsi ke dimensi alternatif yang dikenal sebagai N-Zone, mengalami insiden di sana dan menyebabkan mengubah mereka menjadi Fantastic Four. Sayangnya, meski berusaha mengikuti premis ini, perubahan pada materi sumbernya dan polemik dalam tahap penyelesaiannya menyebabkan film ini menjadi salah satu film adiwira paling gagal sepanjang masa karena performanya yang sangat mengecewakan banyak kalangan.

Baca Juga:  James Gunn Memberikan Update dari Guardians of the Galaxy Vol. 3

 

Captain America: Civil War

Di samping The Avengers, babak MCU selanjutnya yang mengadaptasi karya Mark Millar adalah Captain America: Civil War. Perlu diinformasikan sebelumnya, bahwa Civil War merupakan salah satu event komik Marvel yang diakui banyak kalangan sebagai salah satu yang terbaik. Babak ini mengetengahkan kisah perpecahan yang terjadi di antara anggota tim Avengers yang terbagi menjadi dua kubu karena insiden memakan banyak korban yang membuat pemerintah melakukan pengawasan ketat atas aksi-aksi para adiwira ini. Sejalan dengan materi komiknya, film ini menceritakan perang saudara antara Cap dan Iron Man beserta kubu mereka. Namun, untuk adaptasi filmnya, konfliknya dimodifikasi sebatas perselisihan biasa, menjadi lebih personal dan jauh lebih lunak tanpa ada korban jiwa di masing-masing kubu, kontras dengan yang diceritakan dalam kisah komiknya yang sangat kelam dan berdarah.

 

Logan

Karya komik Mark Millar dengan Marvel menginspirasi beberapa adaptasi sinematik, termasuk Logan  2017  dari sutradara James Mangold yang menjadi babak penutup saga trilogi solo Wolverine yang dimainkan oleh Hugh Jackman dan menjadi karakter paling menonjol di antara sisa franchise X-Men Fox dari generasi awal. Walaupun tidak mengadaptasi mentah-mentah, Logan disusun oleh Mangold beserta timnya berdasarkan alur cerita Old Man Logan, yang disusun Millar dan Steve McNiven. Dalam versi komiknya, dengan setting Bumi di masa pasca apokaliptik dengan para supervillain menjadi para penguasa wilayah Amerika, setelah mereka berhasil memperalat Wolverine membinasakan rekan-rekan X-Mennya. Untuk kisah Logan, sejatinya hanya unsur elementernya saja yang diambil dari kisah komiknya itu, namun justru karena faktor inilah ditambah kepiawaian Mangold mempresentasikannya menjadi sajian yang berkualitas.

 

Baca Juga:  Seputar Jungle Cruise yang perlu kamu ketahui