Rangkaian Pembunuhan Sadis, Mungkinkah Terinpirasi dari Film-Film Ini?

604

Terkadang, emosi audiens tetap bergeming sewaktu menyaksikan seorang penjahat menjalankan aksi kriminalnya, bagaimanapun kejamnya. Namun, beda halnya jika yang melakukannya adalah sesosok psikopat. Perbedaan mentalitas pelaku seperti ini terbukti ampuh dalam mengguncang kondisi emosional moviegoer, dan berhasil dimanfaatkan oleh sejumlah film bertema psikopat. Beberapa di antaranya bisa Anda simak di bawah ini.

Se7en (1995)


Cast: Brad Pitt, Morgan Freeman, Gwyneth Paltrow, Kevin Spacey
Dua orang detektif, William Somerset dan David Mills, bekerja sama memecahkan serangkaian pembunuhan yang mengadaptasi “7 Deadly Sins.” Di sepanjang durasi film, audiens diajak untuk melihat kekejian yang dilakukan sang pembunuh, yang diperankan secara apik oleh Kevin Spacey. Tidak hanya itu, ending-nya yang mengejutkan menjadikan Se7en sebagai film bertema psikopat yang menarik untuk disaksikan.

The Silence of the Lambs (1991)


Cast: Jodie Foster, Anthony Hopkins, Scott Glenn, Ted Levine
Agen FBI Clarice Starling ditugaskan untuk menangkan Buffalo Bill, pembunuh berantai yang gemar menguliti korbannya. Untuk menangkap sang pelaku, ia mendapat bantuan dari sosok yang tak terduga: mantan psikiater merangkap pembunuh berantai kanibal, Hannibal Lecter! Adu intelegensi antara ketiga sosok menjadi salah satu hal menarik dalam film bertema psikopat ini.

Joker (2019)


Cast: Joaquin Phoenix, Robert De Niro, Zazie Beetz, Frances Conroy
Melihat getirnya kehidupan Arthur Fleck, tidak heran kalau banyak moviegoer  memaklumi pandangan “orang jahat adalah orang baik yang tersakiti.” Dan itulah kehebatan pihak studio, karena berhasil menggiring mereka yang menonton film bertema psikopat ini ke “jalan” yang salah. Dengan performanya yang apik, Joaquin Phoenix berhasil menghidupkan sosok kriminal paling berbahaya dalam semesta DC dalam cara yang unik.

Baca Juga:  Spontaneous: Film Drama Remaja tentang Pandemi Unik

A Clockwork Orange (1971)


Cast: Malcolm McDowell, Patrick Magee, Adrienne Corri, Miriam Karlin
Bersama kelompok kecilnya, Alex DeLarge melakukan beragam aksi kriminal mengerikan termasuk tindak kekerasan hingga pemerkosaan. Setelah tertangkap, pihak pemerintah memaksanya menjalani berbagai “prosedur medis” demi mengobati sifat psikopat yang dimilikinya. Apakah semua itu berhasil? Temukan jawabannya dengan menonton salah satu film bertema psikopat lawas ini.

No Country for Old Men (2007)


Cast: Tommy Lee Jones, Javier Bardem, Josh Brolin, Woody Harrelson
Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan Anton Chigurh merupakan salah satu perwujudan karakter psikopat dalam dunia film. Sebagai seorang hitman, ia tidak pernah menunjukkan belas kasihan maupun rasa bersalah ketika menghabisi nyawa seseorang. Semua itu bakal audiens saksikan di sepanjang durasi film bertema psikopat arahan Joel dan Ethan Coen ini.

We Need to Talk About Kevin (2011)


Cast: Tilda Swinton, John C. Reilly, Ezra Miller, Ashley Gerasimovich
Dalam film bertema psikopat ini, moviegoer bisa menyaksikan seperti apa sosok dari seorang “natural-born psychopaths.” Sejak kecil, Kevin Khatchadourian selalu menolak rasa kasih sayang yang berusaha diberikan oleh ibunya. Sifatnya sadisnya pun tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu, sampai akhirnya “meledak” dalam tindak kriminal yang sangat brutal. Seperti apa bentuknya?

Basic Instinct (1992)


Cast: Michael Douglas, Sharon Stone, George Dzundza, Jeanne Tripplehorn
Basic Instinct jadi contoh tepat mengenai film bertema psikopat yang dilakukan oleh seorang wanita. Terbunuhnya seorang bintang rock menyebabkan kekasihnya, Catherine Tramell, dituduh sebagai tersangka utama. Apalagi, ia pernah menerbitkan sebuah novel yang menceritakan kasus pembunuhan serupa. Dengan beragam twist dalam ceritanya membuat film ini layak untuk ditonton bagi pencinta film bernuansa suspense.

Tentunya, aksi-aksi yang dilakukan para psikopat dalam film-film di atas tidak boleh kita tiru di dunia nyata. Namun, bagi individu yang beriman lemah, tidak mustahil kalau semua itu justru dijadikan sebagai inspirasi. Mungkin salah satunya dialami oleh pelaku dalam kasus kriminal keji yang ramai dibicarakan belakangan ini? [Aseek]

Baca Juga:  Bruce Willis Mengulangi Perannya Sebagai John McClane di Sebuah Klip Iklan

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.