Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) 2021: Daftar Film & Sinopsis

426

Festival Sinema Australia Indonesia 2021 kembali digelar. FSAI 2021 kembali  hadir di Indonesia bulan ini, 18-27 Juni, menampilkan film terbaik Australia dan Indonesia secara langsung kepada penonton di seluruh nusantara. Untuk pertama kali dalam enam tahun sejarahnya, Festival Sinema Australia Indonesia akan diadakan secara virtual – memberikan kesempatan kepada penikmat film Indonesia di seluruh nusantara untuk mengakses film bioskop kelas atas Australia dan Indonesia secara gratis. Dan Berbarengan dengan acara Jumpa Pers mengenai ajang tahunan ini pada Jumat  4 Juni 2021, berikut daftar film dan sinopsis pendek mengenai judul-judul film yang akan diputar di ajang FSAI 2021.

 

The Furnace

Genre: Petualangan, drama, sejarah

Durasi: 116 menit

Tahun: 2020

Sutradara: Roderick MacKay

Bahasa: Inggris

Sinopsis: Australia Barat tahun 1897. Untuk melarikan diri dari kehidupan yang keras dan kembali pulang, seorang penunggang unta muda Afghanistan bermitra dengan seorang penduduk lokal misterius dalam pelarian dengan dua batang emas 400 ons bertanda Mahkota. Bersama-sama, pasangan yang tidak terduga ini harus mengecoh sersan polisi dan pasukannya dalam perlombaan untuk mencapai tungku rahasia – satu tempat di mana mereka dengan aman dapat menghilangkan tanda Mahkota pada emas tersebut. The Furnace adalah kisah pahlawan yang tidak lazim, menavigasi keserakahan dan pencarian identitas di negeri baru. Film FSAI 2021 ini menyinari sejarah terlupakan para penunggang unta ‘Ghan’ Australia, yang sebagian besar adalah pria Muslim dan Sikh dari India, Afghanistan, dan Persia. Mereka melintasi pedalaman gurun yang luas, sehingga membentuk ikatan unik dengan orang-orang Aborigin setempat.

 

Combat Wombat

Genre: Animasi, keluarga, fantasi

Durasi: 90 menit

Tahun: 2020

Sutradara: Ricard Cussó

Bahasa: Inggris

Sinopsis: Di pinggiran Kota Sanctuary, hidup Maggie Diggins, seekor wombat pemberani yang menyendiri secara sosial setelah kecelakaan tragis yang mengakibatkan kematian suaminya. Dia menjalani kehidupan soliter di liangnya yang nyaman. Saat membeli cokelat tengah malam di toko swalayan, Maggie tanpa sengaja menghentikan pertengkaran antara sekelompok Drop Bears dan sugar glider muda dengan pukulan satu- dua. Sweetie, sugar glider yang terobsesi dengan pahlawan super, mengagumi kekuatan Maggie dan Maggie pun menjadi pusat perhatian sebagai pahlawan super terbaru di kota Sanctuary. Didukung oleh Sweetie, Maggie mengambil alias baru sebagai “Combat Wombat”, pejuang anti kejahatan wanita yang ramah, namun tangguh ini dengan cepat memenangkan hati masyarakat. Namun, tidak semuanya senang menyambut pendatang baru ini dan Maggie terlibat konflik antara dirinya dan pahlawan super sebelumnya, Flightless Feather; kasuari yang cakap, namun sombong. Saat Flightless menyusun rencana kekalahan Maggie, Maggie menemukan konspirasi besar yang melibatkan Flightless yang akan menempatkan kota dalam bahaya besar. Menggunakan keberanian yang luar biasa, Maggie dan sahabat karibnya, Sweetie, berpacu dengan waktu untuk mengungkapkan kebenaran dan menyelamatkan kota di film FSAI 2021 ini.

Baca Juga:  Seputar 48 Tahun godbless

 

H is for Happiness

Genre: Keluarga

Durasi: 98 menit

Tahun: 2019

Sutradara: John Sheedy Bahasa: Inggris

Sinopsis: Terletak di kota pesisir Australia yang penuh warna, Albany, H IS FOR HAPPINESS adalah film FSAI 2021 klasik segala usia yang menyenangkan dan akan membuat anda tertawa, menangis, dan bersorak kegirangan. Film ini berdasarkan buku pemenang penghargaan, My Life as an Alphabet oleh Barry Jonsberg. Kisah yang menghangatkan hati dan jujur ini bercerita tentang tekad seorang anak berusia dua belas tahun untuk menarik keluarganya kembali dari keputusasaan dan mengembalikan kebahagiaan dalam hidup mereka. Menggunakan pendekatan yang sepenuhnya unik, Candice Phee adalah pahlawan wanita yang tak terlupakan. Eksploitasinya akan menginspirasi dan menyenangkan bagi siapa pun yang telah menghadapi cobaan masa remaja dan patah hati dari tragedi keluarga. Dibintangi oleh pendatang baru Daisy Axon dan Wesley Patton bersama Miriam Margolyes, Richard Roxburgh, Emma Booth, Joel Jackson, Deb Mailman dan seekor kuda miniatur, H IS FOR HAPPINESS menunjukkan kepada kita dunia Australia yang klasik melalui mata orang luar yang unik, dan merupakan perayaan yang menggembirakan dari semua hal yang sedikit berbeda.

 

Jaimen Hudson: From Sky to Sea

Genre: Dokumenter

Durasi: 90 menit

Tahun: 2021

Sutradara: Leighton De Barros

Bahasa: Inggris

Sinopsis: Visual paus dan lumba-lumba dari udara karya Jaimen Hudson sangat menakjubkan. Foto dan videonya yang spektakuler menjangkau ratusan juta orang secara daring dan dia telah diwawancarai oleh organisasi media di seluruh dunia. Tanpa sepengetahuan banyak orang, dia berada di kursi roda. Jaimen memiliki ambisi untuk membawa bakatnya ke tingkat yang baru dan mengejar impian masa kecilnya untuk membuat film di bawah air. Memulai tantangan terbesar dalam hidupnya, Jaimen menjadi sinematografer bawah air pertama di dunia dengan kondisi quadriplegia. Jaimen berjuang sebagai penyandang difabel dan melawan kekhawatiran orang- orang di sekitarnya. Ia bertekad untuk membuktikan dirinya sendiri dan kepada dunia bahwa tidak ada yang dapat menghalangi dirinya untuk mencapai mimpinya. Ini adalah ceritanya.

Baca Juga:  Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba Mugen Train Arc (Demon Slayer KNYMTA) & momen serunya

 

Relic

Genre: Drama, horror, misteri

Durasi: 89 menit

Tahun: 2020

Sutradara: Natalie Erika James

Bahasa: Inggris

Sinopsis: Ketika Edna, janda dan ibu kepala keluarga tiba-tiba menghilang, putrinya Kay dan cucunya Sam pergi ke rumah keluarga terpencil mereka untuk mencarinya. Secepatnya setelah Edna kembali, mereka mulai menemukan sosok jahat yang menghantui rumah keluarga mereka dan mengambil kendali atas Edna.

 

Dirt Music

Genre: Drama, romantis

Durasi: 115 menit

Tahun: 2019

Sutradara: Gregor Jordan

Bahasa: Inggris

Sinopsis: Georgie Jutland (Kelly Macdonald) hampir tidak bisa menahan hari-harinya tanpa minuman. Sebagai mantan perawat, sekarang dia terjebak di pelabuhan nelayan terpencil di White Point bersama baron udang karang lokal, Jim Buckridge (David Wenham) dan kedua putranya, dimana Georgie tidak pernah bisa berharap untuk menggantikannya ibu mereka yang telah meninggal. Suatu malam yang berkabut dia melihat sosok Lu Fox (Garret Hedlund) muncul di kabut teluk. Dahulu kala dia adalah seorang musisi, tetapi saat ini dia bertahan sebagai pemburu – pilihan yang tidak bijaksana mengingat Jim sangat berkuasa dalam perdagangan ikan lokal. Georgie langsung tertarik pada Lu, dan pasangan itu memulai perselingkuhan yang intens. Apa yang tidak disadari Georgie adalah bahwa Lu dan Jim memiliki sejarah yang panjang dan suram. Gelisah akan amarah Jim dan dihantui oleh masa lalunya yang tragis, Lu melarikan diri ke utara menuju Pulau Coronation, tempat yang disayangi oleh Georgie. Menemukan Lu telah melarikan diri, Georgie memutuskan untuk mengikutinya ke utara dengan bantuan Jim. Berdasarkan novel yang diakui secara kritis oleh penulis ikonik Australia Tim Winton, film FSAI 2021 Dirt Music adalah kisah cinta dan penebusan dengan latar belakang Australia Barat yang menakjubkan.

Baca Juga:  Anna Paquin dan Ray Winstone Akan Membintangi Proyek Film A Bit of Light

 

Pendekar Tongkat Emas (The Golden Cane Warrior)

Genre: Action, fantasi

Durasi: 110 min

Tahun: 2014

Sutradara: Ifa Isfansyah

Bahasa: Bahasa Indonesia

Sinopsis: CEMPAKA yang dihormati pemegang senjata peninggalan Tongkat Emas yang perkasa dan kuat serta jurus pamungkas mematikan, diharapkan untuk mewariskan keahliannya kepada salah satu muridnya yang paling berbakat. Pembunuhan dan pengkhianatan mengambil alih sebelum penggantinya diumumkan dan Tongkat Emas jatuh ke tangan yang salah. Satu-satunya orang yang dapat membantu memulihkan ketertiban adalah Naga Putih yang telah lama hilang, pendekar terakhir yang masih memiliki jurus pamungkas Tongkat Emas. Dua siswa yang dikhianati, terluka dan marah, harus menemukan pendekar itu sebelum terlambat.

 

Milly & Mamet

Genre: Komedi romantis

Durasi: 101 min

Tahun: 2018

Sutradara: Ernest Prakasa

Bahasa: Bahasa Indonesia

Sinopsis: Melanjutkan linimasa dari kisah Ada Apa Dengan Cinta 2, kini Milly & Mamet sedang disibukkan dengan mengurus bayi mereka. Mamet yang punya kegemaran memasak dan sempat bekerja sebagai chef kini bekerja di pabrik milik ayah mertuanya. Sebuah pilihan yang agak terpaksa, karena kini ia menjadi tumpuan keluarga kecil mereka setelah Milly berhenti dari profesinya sebagai bankir untuk fokus membesarkan anak. Sampai pada suatu hari, Mamet berjumpa dengan Alexandra, teman dekatnya waktu kuliah dulu. Dengan antusias, Alexandra bercerita bahwa ia sudah mendapatkan investor untuk membiayai ide restoran yang dulu pernah mereka khayalkan bersama. Hubungan Mamet dan ayah mertuanya yang memburuk, apakah Mamet akan menerima tawaran ini dan mengejar mimpinya? Dan bagaimana Milly beradaptasi dengan hidup barunya sebagai ibu rumah tangga?

Tiket  untuk semua pemutaran film dan acara tidak dipungut biaya dan tersedia sekarang di: www.fsai2021.com




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.