Fakta Seputar Justice League Dark yang Wajib Kamu Ketahui

995

Lewat rumah produksinya, Bad Robot, J. J. Abrams menggarap serial tim superhero unik milik DC Comics: Justice League Dark. Berbeda dengan Justice League, tim beranggotakan (di antaranya) John Constantine dan Zatanna ini mengurusi masalah bernuansa supernatural. Serial ini rencananya tayang mulai bulan Mei melalui layanan live streaming milik WarnerMedia Entertainment, yakni HBO Max.

Sambil menanti kemunculannya, ada baiknya Anda simak fakta-fakta menarik seputar Justice League Dark (JLD) lebih dulu.

Berawal Dari Komik Swamp Thing


Karena dipandang sebagai pemimpin, banyak orang beranggapan bahwa JLD dibuat untuk Hellblazer, seri komik yang dibintangi John Constantine. Faktanya, tim ini terbentuk dalam komik Swamp Thing (tepatnya Swamp Thing Vol 2 #25). Di sana, Swamp Thing dan John Constantine membentuk tim pemilik kekuatan supernatural, untuk menghadang invasi kekuatan kegelapan dari dimensi lain. Sejumlah tokoh yang ikut bergabung dengan mereka adalah Deadman, Mento, serta Phantom Stranger.

Dibentuk Oleh Madame Xanadu


Again, posisi Constantine sebagai pimpinan Justice League Dark membuat banyak orang berpikir kalau dialah pendirinya. Namun, dalam komik perdananya (dirilis September 2011), Madame Xanadu-lah yang pertama kali memprakarsai pembentukan tim ini. Setelah mendapat penglihatan mengenai datangnya ancaman supernatural, Xanadu merekrut sejumlah individu yang memiliki kemampuan sihir untuk menghadapinya.

Dinamai Oleh A.R.G.U.S.


Setelah mengatasi masalah dalam komik pertamanya, yang ternyata diakibatkan oleh Xanadu sendiri, JLD pun mulai bekerja sebagai tim. Namun, mereka baru mendapatkan nama untuk timnya dari Steve Trevor, dari organisasi Advanced Research Group Uniting Super-Humans (A.R.G.U.S.). Trevor berkata bahwa pihaknya terus memantau Constantine beserta rekan-rekannya, dan menjuluki mereka “Justice League Dark.”

JLD Punya Tandingan Hulk: Frankenstein

Baca Juga:  Elisabeth Moss akan Menjadi Pembunuh Kejam di Mini Seri Berjudul Candy


Meski disebut sebagai tandingan Avengers, tim Justice League milik DC Comics tidak memiliki sosok yang sebanding dengan Hulk. Awalnya, hal serupa dialami oleh JLD. Namun, ketika berusaha menolong Zatanna yang diculik penjahat berbahaya Nick Necro, mereka mendapat bantuan dari Frankenstein. Setelah menyelesaikan tugasnya, anggota organisasi S.H.A.D.E. (Super-Human Advanced Defense Executive) ini pun menjadi anggota resmi.

Midnight Sons, JLD Versi Marvel


Tahukah Anda bahwa Marvel ternyata memiliki tim tandingan Justice League Dark, yang sama-sama mengurusi masalah berbau supernatural? Mereka adalah Midnight Sons, yang dibentuk oleh dua Ghost Rider yakni Johnny Blaze dan Daniel Ketch. Kemunculan Mother of All Demons mengharuskan mereka membentuk tim untuk menghadapi ancaman berbahaya tersebut. Untuk itu, mereka pun merekrut sejumlah anggota yang memiliki kekuatan mumpuni untuk mengatasi masalah supernatural ini. Di antaranya adalah Blade, Hannibal King, Frank Drake (keturunan Count Dracula), Morbius the Living Vampire, dan masih banyak lagi.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.