Fakta Seputar COVID-19, Pandemi yang Membuat Deadpool Turun Tangan!

2027

Dewasa ini, terdapat satu kata yang mampu membuat seluruh dunia berada dalam ketakutan: Coronavirus. Hanya dalam waktu singkat, virus ini menelan korban dalam jumlah besar di berbagai negara! Tidak heran kalau virus Corona ditetapkan sebagai pandemi global, dan menjadi musuh bersama umat manusa. Untuk itu, ada baiknya jika Anda mengenal “musuh” yang harus kita hadapi dengan lebih seksama. “If you know your enemies and know yourself, you will not be imperiled in a hundred battles” -Sun Tzu.

THE OUTBREAK
Menurut catatan WHO, laporan mengenai penyakit yang diakibatkan virus Corona terjadi di Wuhan, Tiongkok, pada tanggal 31 Desember 2019. Penelitian mengaitkan kemunculan virus ini dengan Huanan Seafood Wholesale Market, pasar yang memperdagangkan berbagai jenis binatang untuk dikonsumsi. Meski awalnya terlihat seperti flu biasa, sejumlah kasus berkembang menjadi radang paru-paru akut hingga kerusakan organ dalam. Tanpa penanganan yang seksama, hal ini bisa menimbulkan kematian!

Awalnya, penyebaran virus Corona alias COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh pihak berwenang di Negeri Tirai Bambu. Namun, pada 11 Maret 2020, WHO menetapkannya sebagai pandemi global setelah penyebarannya mencapai berbagai negara dalam waktu singkat. Pada tanggal 18 Maret, tercatat lebih dari 219,000 kasus COVID-19 terjadi di 170 negara, termasuk Indonesia.

THE IMPACT
Dengan tingkat kematian yang cukup mengkhawatirkan, COVID-19 menjadi ancaman mengerikan bagi umat manusia. Tidak heran kalau semua orang melakukan segala cara untuk menghindari penyebaran virus Corona; salah satunya adalah menghindari keramaian. Hal ini tentu menimbulkan dampak tersendiri di berbagai bidang; di antaranya industri perfilman. Hingga saat ini, semakin banyak studio yang memutuskan untuk menunda perilisan film yang mereka garap demi mencegah penularan virus Corona.

Baca Juga:  Syfy Rilis Sneak Peek 7 Menit dari Serial Terbaru Mereka, Resident Alien

Dimulai dari No Time to Die, digadang-gadang sebagai film James Bond terakhir yang dibintangi oleh Daniel Craig. Awalnya akan dirilis bulan April 2020, kini film tersebut diberitakan tayang pada bulan November nanti. Setelahnya, makin banyak judul film lain yang melakukan hal serupa. Misalnya F9 serta A Quiet Place Part II, yang dalam waktu bersamaan mengumumkan penundaan penayangan. Bahkan, Disney terpaksa membatalkan dua film blockbuster mereka yakni Mulan dan Black Widow demi menghindari COVID-19.

Tidak hanya itu, hampir semua proyek film yang berada dalam tahap produksi menghentikan proses pengambilan gambarnya akibat pandemi virus Corona. Di antaranya adalah Mission: Impossible 7 yang seharusnya memulai syuting di bulan Februari lalu, tapi terpaksa dibatalkan. Hal serupa juga menimpa sequel film Avatar, yang tidak jadi melakukan pengambilan gambar di Selandia Baru karena COVID-19.

THE FIGHT


Menghadapi “musuh” tangguh seperti ini, semua kalangan bekerja sama menghentikan penyebaran virus Corona. Apalagi, hingga sekarang belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan penyakit yang diakibatkan olehnya. Baik di dalam maupun luar negeri, kalangan selebriti membantu mengampanyekan gerakan untuk mencegah penyebaran virus berbahaya tersebut. Salah satunya adalah social distancing. Dari Arnold Schwarzenegger hingga Lady Gaga, secara aktif mereka menganjurkan untuk lebih banyak tinggal di rumah ketimbang keluyuran.

Selain itu, tidak sedikit yang memutuskan untuk menolong mereka yang kesusahan akibat pandemi COVID-19. Contohnya host kenamaan Jimmy Fallon, yang memberikan donasi pada organisasi Feeding America agar dapat menyediakan makanan untuk lebih banyak orang. Hal serupa dilakukan Ryan Reynolds, pemeran sang antihero Deadpool, yang mendonasikan $1 juta pada Feeding America dan Food Banks Canada.

FACING COVID-19

Baca Juga:  Para Aktor Tampan Korea Sapa Penggemar Indonesia Lewat GoPlay


Menangani COVID-19 bukan hanya tugas pemerintah, public figure atau selebriti saja, tetapi tugas kita bersama. Salah satunya dengan mengikuti anjuran untuk mengurangi kontak dengan orang lain alias social distancing, untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut. Bagi yang harus bekerja, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan WFH sehingga mereka bisa menyelesaikan pekerjaannya di rumah. Selain itu, kesempatan ini juga bisa Anda gunakan untuk lebih mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa maupun keluarga.

Bagaimana dengan hiburan? Jangan khawatir, karena kini tersedia banyak pilihan entertainment untuk mengisi waktu Anda. Utamanya berbagai layanan video on demand yang menyediakan tayangan berkualitas, baik lokal maupun mancanegara. Di antaranya HBO Go, HOOQ, hingga yang bernuansa lokal macam GoPlay. Just remember: be aware, but don’t panic.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.