facebook laju digital

Facebook Laju Digital:perkembangan terakhir dan informasi terbaru

432

Facebook Laju Digital pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2018. Kampanye nasional dari Facebook di Indonesia ini memiliki misi untuk membantu berbagai lapisan masyarakat di seluruh Indonesia, dari Barat hingga Timur, untuk dapat mencapai kesuksesan di era digital.

Hingga akhir 2019, Facebook Laju Digital telah melatih lebih dari 13,865 peserta di 17 kota di Indonesia: Gorontalo, Jakarta, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Kupang, Manokwari, Medan, Jayapura, Ambon, Manado, Kendari, Denpasar, Batam, Semarang, dan Mataram.

Facebook Laju Digital memberikan pelatihan bagi pencari kerja dan pelaku usaha kecil dan menengahyang membutuhkan panduan untuk mengembangkan keterampilan digital, instansi pemerintah untuk meningkatkan hubungan kemasyarakatan di dunia online, pelaku komunitas agar dapat memanfaatkan internet secara maksimal untuk mencapai tujuannya, serta para pelajar untuk menambah literasi digital.

Keuntungan yang dapat diperoleh bagi komunitas, melalui pelatihan dari Facebook akan memaparkan tahapan-tahapan bagi organisasi nirlaba untuk membangun komunitasnya melalui media sosial, serta tentang alat kreatif yang dapat membantu komunitas dalam langkah-langkah advokasi untuk menarik perhatian masyarakat.

2020 merupakan tahun yang penuh tantangan dengan adanya pandemi COVID-19. Jutaan komunitas dan bisnis kecil menengah merasakan dampak yang luar biasa. Melihat hal ini, Facebook di Indonesia,bersama dengan beberapa mitra, berupaya tetap menjalankan program Laju Digital untuk memastikan keberlangsungan bisnis kecil dan menengah.

Program tahun ini dipaparkan secara online melalui Facebook Live, Grup Facebook, Blueprint courses, Zoom dan platform lain serupa yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap komunitas.

Salah satu platform yang dapat diikuti oleh komunitas adalah platform Facebook for Business 

Acara yang dilakukan secara live , setiap hari Kamis jam 14.00 WIB ini telah berlangsung beberapa episode dan videonya masih dapat dilihat . Adapun komunitas yang ingin menanyakan langsung, dapat dilakukan semasa acara berlangsung secara live melalui platform tersebut.

Baca Juga:  A Perfect Fit , kisah cinta dengan latar Bali

Agar dapat menjangkau lebih banyak komunitas dan institusi untuk membagikan pengetahuan dan mengasah kemampuan di bidang digital, Facebook di Indonesia juga mengumumkan kemitraan baru dengan organisasi pemerintahan:

● Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Program Digital
Entrepreneurship Academy)
○ Pengembangan metode pembelajaran mandiri bagi calon wirausaha dengan menggunakan Blueprint courses, yang didukung dengan sesi Tanya-Jawab dengan pelatih.

● Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Balai Besar Pendidikan Pelatihan Ekspor
Impor – PPEI)
○ Pelaksanaan pelatihan online tentang pemasaran digital untuk bisnis kecil dan menengah di bidang ekspor.

● Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Smesco
Indonesia)
○ Pelatihan online bulanan tentang pemasaran digital bagi bisnis kecil dan menengah dibawah naungan Smesco.

● Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah
○ Pelatihan online tentang pemasaran digital bagi para mentor bisnis kecil dan menengah di Jawa Tengah.

● idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia)
○ Pelatihan online mingguan tentang pemasaran digital yang berfokus pada bisnis lokal dan pelatihan online bulanan yang bekerja sama dengan Bank Indonesia

 

Sumber foto : Facebook 

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.