facebook

Facebook Community Accelerator Program 2021

130

Hari ini Facebook mengumumkan beberapa informasi terbaru tentang bagaimana Facebook memberdayakan, memberikan dukungan, dan mengangkat figur-figur yang telah menjadi garda terdepan dalam membangun komunitas yang berada di atas platform Facebook.

  1. Facebook Communities Summit – Facebook akan menyelenggarakan acara tahunan Facebook Communities Summit pada hari Kamis, 4 November. Acara ini akan menghadirkan para pemimpin komunitas dari seluruh dunia untuk dapat saling terhubung satu sama lain, mendengarkan paparan dari para pimpinan di Facebook tentang fitur dan produk terbaru yang dapat membantu mereka menjalankan komunitas, dan belajar dari pengalaman masing-masing tentang cara membangun komunitas. Facebook Communities Summit juga akan menghadirkan sesi khusus untuk para pemimpin komunitas terpilih untuk mendapatkan pemaparan lebih dalam mengenai beberapa produk, workshop, serta kesempatan untuk memperluas jaringan.

  1. Facebook Community Awards – Kami meluncurkan Facebook Community Awards yang pertama, untuk merayakan dan memberikan apresiasi bagi para pemimpin komunitas yang inspiratif di atas platform kami. Kami akan menampilkan 22 calon penerima penghargaan dari tujuh kategori termasuk Foodies of EL PasoThe Kindness Pandemic dan Subtle Asian Traits. Tujuh pemenang dari tiap kategori akan menerima masing-masing 50.000 USD dan dukungan dari Facebook untuk mengembangkan komunitas mereka demi menciptakan dampak positif yang lebih luas. Untuk memilih pemenang, kami memberikan kesempatan bagi orang-orang memilih komunitas favorit mereka. Pemilihan ini akan dimulai pada 7 Oktober hingga 22 Oktober 2021.

Temukan lebih lanjut tentang Facebook Community Summit dan Facebook Community Awards pada tautan berikut ini: https://www.facebook.com/community/whats-new/facebook-communities-summit-2021/

  1. Facebook Community Accelerator Program – Pada awal bulan Mei tahun ini, kami menghadirkan Community Accelerator Program 2021 yang bertujuan untuk memberikan pelatihan, bimbingan, dan pendanaan bagi para pemimpin komunitas. Kami menerima sekitar 13.000 aplikasi, dan kini kami mengumumkan 131 peserta terpilih yang tersebar di sembilan wilayah dengan 19 peserta yang berasal dari Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Kami memilih komunitas yang beragam dan aktivitas mereka menjawab tantangan global yang dihadapi oleh masyarakat dunia saat ini, seperti pendidikan, perbedaan dan inklusivitas, persamaan hak, kesehatan dan well-being, serta parenting. Melalui program ini, setiap komunitas akan menerima hingga 50.000 USD untuk mendanai program yang mendukung tujuan komunitas mereka, dan tambahan 1 juta USD untuk beberapa komunitas yang terpilin dan memenuhi syarat.
Baca Juga:  Netflix dan James Wan Kembangkan Serial Sci-fi Horor, Nocterra

Ada tiga komunitas dari Indonesia yang terpilih untuk mengikuti pelatihan bersama dengan komunitas-komunitas lain di Asia Pasifik. Mereka adalah Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia, Peri Kertas, dan PLAY:ON Indonesia Club. Berikut adalah nama pemimpin komunitas serta profil singkat dari masing-masing komunitas:

  • Bagus Utomo, Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia

Komunitas ini terbentuk pada tahun 2009 untuk memberikan dukungan bagi keluarga dan juga orang-orang dengan Skizofrenia. Komunitas ini menyuarakan pentingnya kesehatan mental dan berjuang untuk mengatasi stigma yang melekat pada penderita Skizofrenia.

  • Rauf Raphanus, Peri Kertas

Komunitas Peri Kertas dimulai pada tahun 2009 dengan tujuan untuk memberikan wadah bagi pegiat seni dan kerajinan kertas untuk saling belajar, berdiskusi, mengembangkan skill,  berinteraksi, serta saling menginspirasi. Komunitas ini memberikan sarana kerajinan kertas secara gratis, meningkatkan kesadaran untuk membuat seni kerajinan kertas yang ramah lingkungan, dan memberikan pelatihan seni kerajinan kertas gratis bagi rumah singgah dan sekolah.

  • Rangga Marvel, PLAY:ON Indonesia Club

PLAY:ON Indonesia Club adalah komunitas yang anggotanya memiliki kecintaan terhadap aktivitas olahraga. Dengan ribuan anggota di seluruh Indonesia, komunitas ini memberikan motivasi positif bagi orang-orang di sekitar untuk lebih banyak melakukan aktivitas luar ruang yang sehat bersama keluarga dan juga anak-anak.

Simak lebih lanjut tentang profil peserta terpilih dari wilayah Asia Pasifik dan juga seluruh dunia dengan mengklik tautan berikut ini:

https://www.facebook.com/community/whats-new/2021-community-accelerator-participants/