[FACE 2 FACE] The Iron Giant vs Big Hero 6

1017

The Iron Giant vs Big Hero 6

Perkembangan teknologi robot yang semakin mutakhir menginspirasi banyak filmmaker untuk mengangkat cerita tentang robot pintar dalam film-filmnya. Salah satunya adalah film teranyar Neil Blomkamp, Chappie yang akan segera rilis pada bulan Maret. Dalam rangka menyambut filmnya, mari kita bandingkan dua film animasi tentang robot yang sama-sama mengetengahkan hubungan persahabatan antara sebuah robot dengan seorang anak laki-laki; The Iron Giant (1999) dan Big Hero 6 (2014). Terdapat beberapa kesamaan dalam dua film ini, mulai dari karakter hingga adegan-adegan dalam filmnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita bandingkan kedua film ini dalam empat kategori penilaian: Story, The Robot, CG Animation, dan Budget/Gross.

Story. Dari segi cerita, kedua film yang sama-sama diadaptasi dari teks ini (The Iron Giant adaptasi novel The Iron Man, Big hero 6 adaptasi komik Marvel berjudul sama) memiliki bobot emosi yang mendalam. Ada pengorbanan dalam kisahnya dan tentu saja humor. Dua film ini juga mengajarkan pada anak-anak untuk belajar menerima kehilangan orang yang disayang. Namun, jika mengkaji lebih dalam, cerita yang dihadirkan The Iron Giant lebih dewasa dan orisinal dari Big hero 6. Bahkan beberapa adegan dalam Big Hero 6 tampak terinspirasi dari The Iron Giant. Maka dari itu, film garapan Brad Bird tersebut layak unggul dari pesaingnya.    

The Robot. Karakter robot yang ditampilkan dalam kedua film ini sama-sama menawan hati. Iron Giant dan Baymax menjadi karakter robot yang menarik dan disukai oleh para penonton. Iron Giant memiliki tubuh raksasa, hati yang lembut dan setia kawan. Sedangkan Baymax memiliki fisik yang lebih menggemaskan. Tubuhnya gendut dan cara jalannya lucu. Sama seperti Iron Giant, Baymax juga memiliki hati yang lembut dan setia kawan pada Hiro. Kekuatan bertempur kedua robot ini juga sama-sama hebat, keduanya bahkan memiliki “killer mode” yang membuatnya berubah menjadi mesin yang mengerikan. Di kategori ini, kedua robot memiliki nilai yang sama.

Baca Juga:  5 Tayangan Korea Terbaru Desember 2021 di Viu

CG Animation. Dari segi kualitas animasi, keduanya tampak sedap dipandang mata. The Iron Giant yang menggabungkan animasi tradisional dan animasi komputer menyuguhkan gambar yang unik. Sedangkan Big Hero 6 tampil penuh warna dengan animasi komputer (CG) yang mumupuni. Namun, bila keduanya dibandingkan, maka Big Hero 6 yang didukung oleh teknologi teranyar keluar sebagai pemenangnya.

Budget/Gross. Dari sisi perolehan pendapatan, The Iron Giant tampaknya harus mengakui keunggulan Big Hero 6. Dengan bujet sebesar $50-70 juta, film produksi Warner Bros ini hanya sanggup meraih  $31,333,917 dari peredarannya di seluruh dunia. Sedangkan, Big Hero 6 dengan bermodalkan bujet sebesar $165 million sukses meraih $484.7 juta. Di kategori ini, film produksi Disney-Marvel tersebut unggul jauh. Usai membandingkan keduanya lewat empat kategori di atas, Big Hero 6 unggul tipis dari The Iron Giant. Namun keduanya tetaplah dua film animasi berkualitas yang layak ditonton berulang-ulang.

The Iron Giant

Film

Big Hero 6

4

Story

3,5

5

The Robot

5

3

CG Animation

4

2

Budget/Gross

3,5

3,5

Final Score

4