Evolusi Joker Dari Masa ke Masa

1201

Siapa yang tidak kenal dengan sosok badut chaotik bernama Joker?. Para penggemar komik dan penikmat film pasti  mengenal villain DC yang satu ini. Gila, psikopat, sadis, dan juga genius merupakan ciri khas dari musuh bebuyutan Batman. Joker memulai debutnya pertama kali di komik Batman #1 pada 1940 dan mulai terkenal di komik Batman #168 pada 1951 dengan julukan Red Hood.

Kiprah Joker di komik terbilang sangat sukses. Ia menjadi karakter ikonik baik di komik maupun di Hollywood. Sampai saat ini terdapat 6 aktor yang memerankan karakter Joker, 4 di antaranya berupa live-action dan 2 lainnya menjadi pengisi suara. Memerankan karakter ini bukan hal yang mudah. Penampilannya kadang menuai pujian namun tak jarang dihujani kritikan. Siapa sajakah mereka? Berikut 6 aktor yang memerankan karakter Joker dari masa ke masa.

1. Cesar Romero

Cesar menjadi aktor pertama yang menjajal karakter ini. Dirinya kerap dijuluki ‘The Original’ penampilan pertamanya adalah di serial TV Batman (1966-1968) dan film Batman (1966) yang disutradarai Leslie Martinson. Penampilan dirinya sebagai Joker pada waktu itu lebih diteknakan ke unsur komedi dan misteri.

2. Jack Nicholson

Muncul di film Batman (1989) garapan Tim Burton, Jack memerankan Joker pertama kali dengan sifat aslinya, sadis dan menakutkan. Penampilannya mendapat banyak pujian karena riasan wajah yang menakutkan dan aktingnya yang ‘gila’. Ia merupakan orang pertama yang berhasil membawa sifat asli Joker ke panggung layar lebar. Burton merasa Jack menjadi orang yang cocok untuk memerankan karakter ini setelah keberhasilan Jack membawa terror di film horror The Shining (1980)

3. Mark Hamill

Dirinya tidak pernah muncul langsung di depan kamera namun ia menjadi pengisi suara Joker terlama. Ia mengisi suara Batman and the Animated Series sejak tahun 1992-1995. Meskipun hanya mengisi suara, Hamill mengaku sempat kesulitan untuk mendalami karakter si badut ini. Setelah Vakum cukup lama sebagai Joker, Hamill muncul kembali menyuarakan karakter ini di animasi The Killing Joke pada tahun 2016 kemarin.

Baca Juga:  Lihat Foto Terbaru Justice League yang Menampilkan Batman, Wonder Woman & Flash

4. Heath Ledger

Heath menjadi Joker yang paling terkenal dan paling sering dipuji. Peformanya di film garapan Christoper Nolan, The Dark Knight (2008) merupakan penampilan terbaik baik untuk dirinya sebagai seorang aktor maupun Joker sebagai tokoh di film fenomenal ini. Heath berhasil menunjukan kepada dunia bagaimana seorang psikopat dengan make-up hidup di Gotham meneror seluruh warga, polisi, hingga Batman sendiri.

5. Jared Leto

Dengan Heath sebagai pesaingnya, Jared mungkin menghadapi rintangan yang cukup berat, Jared muncul di layar lebar memerankan Joker yang eksotis, glamor, dan mirip seperti orang punk. Penampilannya mendapat banyak kritik dengan kostum dan akting ala mafia. Ia muncul di film Suicide Squad yang disutradarai David ayer pada 2016 silam.

6. Zach Galifianakis

Sama halnya dengan Hamill, Zach hanya menjadi pengisi suara Joker. Zach menampilkan karakter Joker yang berbeda dari yang lainnya. Ia tampil dalam film The Lego Batman Movie (2017) mengisi suara lego Joker yang depresi karena Batman tidak menganggap dirinya sebagai musuh bebuyutannya. Film ini menunjukan bagaimana perasaan Joker terhadap Batman.

The Next Joker

Perjalanan Joker masih belum berakhir, Joaquin Phoenix akan memerankan psikopat yang diidolakan ini kembali ke layar lebar. Pada 4 Oktober mendatang, film yang digarap oleh Todd Philips akan ditayangkang. Joker mengisahkan cerita Arthur Fleck, seorang komedian yang gagal yang berubah seiring waktu dengan pahitnya kehidupan yang menimpanya. Todd mengatakan bahwa Joker versinya dibuat bukan berdasarkan komik aslinya, bagaimana film ini nantinya ya?

*Kontributor: Maulana Ihza




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.