Dua Film Virus Outbreak Terbaik, Tribute Untuk Tim Medis Dalam Pandemi COVID-19

3328

Berita mengenai COVID-19 seolah tidak ada habisnya. Setiap harinya, makin banyak yang jadi korban sehingga membuat semua orang dirundung rasa takut. Namun, di tengah situasi genting ini, terdapat sosok-sosok yang rela mempertaruhkan nyawanya demi para pasien yang terjangkit Coronavirus. Ya, mereka adalah tim medis di semua rumah sakit. Meski bekerja di lingkungan berbahaya, kadang tanpa perlengkapan yang memadai, mereka tetap menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi.

Cinemags sangat menghargai perjuangan para petugas medis, yang tetap menjalankan tugas mereka walau harus berhadapan dengan maut setiap harinya. Sebagai tribute, berikut adalah dua film yang menggambarkan perjuangan mereka di tengah bencana pandemi COVID-19 dengan baik.

OUTBREAK
Starring: Dustin Hoffman, Rene Russo, Morgan Freeman, Donald Sutherland, Cuba Gooding Jr., Patrick Dempsey, Kevin Spacey


Berawal dari seekor kera yang diselundupkan dari Afrika, sebuah virus bernama Motaba mulai merebak di kota Cedar Creek. Mereka yang terinfeksi virus ini menderita demam tinggi yang berujung pada kematian. Celakanya, setelah bermutasi, virus ini mampu menyebar melalui perantara udara sehingga membuat penularannya jadi semakin cepat! Colonel Sam Daniels (Hoffman), virolog yang pernah menemui kasus serupa di Afrika, segera turun tangan untuk menangani masalah ini.

Usaha Daniels dalam menemukan vaksin Motaba dihalang-halangi oleh atasannya, Major General Donald McClintock (Sutherland). Rupanya, ia sudah tahu mengenai virus dan dampak yang ditimbulkannya di Afrika. Namun, McClintock memilih untuk merahasiakannya, dengan jalan membumihanguskan area tempat mereka yang terinfeksi berada. Dan kini, ia hendak melakukan hal serupa terhadap penduduk Cedar Creek!

Outbreak terlihat lebih “kalem” dibanding film-film bertema virus outbreak lain, bahkan terkesan lebih realistis. Melalui film garapan Warner Bros. itu, audiens diajak untuk menyaksikan kerasnya usaha tim medis dalam menemukan antiserum penangkal Motaba. Penyertaan elemen pengkhianatan, pembunuhan hingga usaha untuk menyelamatkan love interest, membuat ceritanya menjadi lebih semarak.

Baca Juga:  Teaser One Piece Film: Red Mengungkap Kembalinya Shanks

CONTAGION
Starring: Marion Cotillard, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, Jennifer Ehle


Berawal dari meninggalnya seorang wanita, virus mematikan bernama MEV-1 mulai menyebar di Minneapolis. Dr. Erin Mears (Winslett) yang ditugaskan oleh Dr. Ellis Cheever (Fishburne) untuk menyelidiki kasus ini, justru terinfeksi dan meninggal dunia. Hal ini membuat pemerintah mengarantina seluruh Chicago, membuat para penduduknya panik. Situasi bertambah runyam ketika penyebar teori konspirasi Alan Krumwiede (Law), menyebar hoax mengenai ditemukannya vaksin untuk MEV-1.

Pada saat Dr. Ally Hextall (Ehle) berhasil menemukan penangkalnya, MEV-1 sudah menelan korban sebanyak 26 juta jiwa di seluruh dunia. Karena jumlahnya terbatas, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menyediakan vaksin lewat lotere berdasarkan tanggal lahir. Hal ini menyebabkan terjadinya kekacauan karena semua orang ingin mendapatkan penawar MEV-1.

Lewat Contagion, audiens diajak untuk menyaksikan sisi kelam dari virus outbreak. Dari hilangnya tatanan sosial yang diakibatkan oleh kepanikan massa, hingga bahaya yang diakibatkan penyebaran berita palsu. Tapi selain itu, Contagion pun memperlihatkan usaha keras tim medis dalam menemukan vaksin, termasuk menjadikan diri sendiri sebagai kelinci percobaan.

Itulah dua film yang ceritanya berhasil menangkap esensi dari virus outbreak dengan baik. Seperti halnya COVID-19 yang melanda kehidupan kita dewasa ini. Kedua film memperlihatkan betapa kerasnya perjuangan tim medis, yang harus merawat mereka yang terinfeksi virus sambil mempertaruhkan nyawanya sendiri.

Karena itu, marilah kita membantu meringankan beban mereka, dengan menjalankan metode-metode untuk mencegah penyebaran virus Corona. Salah satunya adalah dengan menerapkan social distancing. Just remember: be aware, but don’t panic.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.