Deretan Film Terbaik Richard Donner

116

Sutradara kenamaan Hollywood Richard Donner meninggal dunia pada hari Senin waktu setempat (hari ini di tanah air-red). Kabar duka itu disampaikan langsung oleh istri sekaligus manager bisnisnya, Lauren Shuler Donner. Tutup usia di umur 91 tahun, belum disebutkan penyebab meninggalnya sineas legendaris tersebut. Untuk mengenang kepergian salah satu insan Hollywood terkemuka itu, berikut deretan film-film terbaik Richard Donner sepanjang kariernya.

 

Superman

Menceritakan kisah asal usul Superman dan awal perseteruannya dengan musuh bebuyutannya, Lex Luthor, film rilisan 1978 ini sampai sekarang masih menjadi film adiwira terbaik sepanjang masa yang sangat penting dan seluruh film adiwira setelahnya berhutang aspek padanya. Melalui film terbaik Richard Donner ini, Superman tidak hanya menjadi film adiwira berbujet besar pertama yang menjadi blockbuster, namun membuat sebuah film yang sampai sekarang masih signifikan sebagai referensi bagaimana karakter adiwira sebaiknya dimainkan. Apa yang disajikan Donner di sini ibarat meluluskan semua yang diharapkan para penggemar kisah komiknya.

 

The Goonies

Sebuah film yang mendefinisikan masa kanak-kanak banyak orang, film terbaik Richard Donner ini adalah film komedi petualangan yang telah teruji oleh waktu. Kisahnya menceritakan petualangan sekelompok bocah melakukan perburuan harta karun. Menampilkan petualangan over-the-top yang sangat menghibur serta didukung penampilan alami para pemainnya, film ini meninggalkan warisan banyak dialog filmnya yang kemudian sering dikutip sampai sekarang, The Goonies kini menjadi film cult klasik yang sangat signifikan dan salah satu film keluarga wajib tonton sepanjang masa.

 

Lethal Weapon

Lewat kolaborasi pertamanya dengan Mel Gibson, Donner berhasil menyuguhkan paket aksi lengkap yang sangat menghibur lewat film garapannya ini. Menyuguhkan kisah aksi duo polisi yang punya karakter bak air dan minyak yang dimainkan secara apik oleh Gibson dan Danny Glover, Lethal Weapon tidak hanya sukses secara komersial, namun juga menjadi film buddy cop patokan yang menjadi sumber inspirasi banyak kisah populer sejenis seperti Bad Boys. Film terbaik Richard Donner ini kemudian menjelma menjadi salah satu franchise film aksi kepolisian paling sukses di Hollywood.

Baca Juga:  Seputar Kingdom : Ashin Of The North yang perlu diketahui (Kim Seong-hun)

 

Maverick

Pasca sukses lewat seri Lethal Weapon, di film terbaik Richard Donner ini, ia kembali berkolaborasi dengan Mel Gibson. Kali ini mengisahkan tentang seorang penjudi yang berusaha ikut ambil bagian dalam permainan Winner Take All, film aksi komedi ini berhasil menjadi film yang sangat menghibur. Memiliki porsi adegan aksi yang apik, balutan humor segar, performa apik para pemainnya. Faktor penting keberhasilan Maverick adalah kepiawaian Donner bolak balik mengubah-ubah sajian filmnya dari film komedi menjadi film aksi, walaupun durasinya terhitung panjang, film ini terbukti berhasil memikat banyak kalangan.

 

The Omen

 

Film ini adalah film hit besar pertamanya. The Omen adalah film horor rilisan 1976 yang sampai sekarang masih dianggap sebagai salah satu film yang punya peranan sangat penting menghidupkan kembali geliat genre horor di Hollywood pada era 1970an. Film terbaik Richard Donner ini meneruskan tren film horor bertema anak-anak jahat yang berkembang pada era itu, dipicu oleh kehadiran The Exorcist dan Rosemary’s Baby. Film ini menampilkan efek spektakuler pada masanya. Film yang kisahnya berfokus pada putra seorang diplomat Amerika yang perlahan-lahan dicurigai sebagai Anti-Kristus ini sukses memikat banyak kalangan dan kemudian lagi-lagi menjelma menjadi salah satu franchise horor populer, walaupun kisah-kisah lanjutannya tidak pernah seepik film cikal bakalnya ini.