Deretan Drama Korea Termahal Saat Ini

2101

Sudah bukan rahasia lagi meski disebut sebagai “layar kecil” tetapi stasiun-stasiun televisi mengeluarkan biaya fantastis dalam hal memproduksi serial drama Korea terbaik. Alasannya sangat beragam: set yang kompleks, syuting di lokasi ekslusif baik itu di negaranya sendiri atau pun di luar negeri, genre yang dipilih (genre fantasi dan aksi misalnya: membutuhkan anggaran yang lebih besar karena efek khusus); dan jajaran pemain papan atas (yang butuh bayaran mahal tentunya). Berikut adalah judul- judul drama Korea termahal yang memiliki nilai produksi dan bujet pembuatan yang sangat besar hingga saat ini – berapa banyak judul yang sudah Anda saksikan?

 

Arthdal Chronicles (estimasi bujet produksi: 54 miliar won; US$45,7 juta)

Dengan bintang utama aktor terkemuka Song Joong-ki dan kisahnya dibagi menjadi tiga bagian dengan total 18 episode, drama fantasi ini berkisah tentang intrik perebutan kekuasaan dan jatuh-bangunnya suatu peradaban. Menurut Kpopmap, adegan drama Korea ini difilmkan di Korea dan Brunei, dan untuk keperluan syutingnya sampai menyertakan pembuatan satu set ekslusif besar. Respon terhadap drama Korea termahal ini sangat beragam, dikarenakan temuan banyak kesamaan unsur dengan Game of Thrones.

 

Mr. Sunshine (estimasi bujet produksi: 30-40 miliar won; US$25,4-36 juta)

Dengan sinematografi mengagumkan dan aktor Korea berlevel internasional Lee Byung-hun (G.I.JOE, Terminator Genysys) sebagai pemeran utamanya, Mr. Sunshine menjadi drama hit di kalangan audiens. Bayaran sang aktor, lokasi syuting di luar negeri, dan reputasi penulis naskah Kim Eun-sook menjadi beberapa faktor penentu tingginya angka produksi drama Korea termahal ini. Mr. Sunshine berkisah mengenai seorang anak yang lahir dari seorang budak, yang kemudian kabur dengan naik kapal dan kemudian tumbuh besar di Amerika.

Baca Juga:  Franchise Power Rangers akan Dipermak Ulang dengan Film dan Serial Baru

 

Kingdom (estimasi biaya produksi: 35 miliar won; US$29,6 juta)

Kingdom adalah serial drama Korea pertama yang menyuguhkan kisah aksi fantasi horor tentang teror wabah zombie dengan set era Joseon di abad ke-15. Komponen historis yang dikedepankan serta  biaya desain, belum lagi bayaran nama-nama besar yang terlibat di dalamnya berkontribusi besar pada pengeluaran yang dilaporkan melebihi anggaran US $ 1,76 juta per episodenya. Meski demikian, angka ini rasanya sepadan dengan tanggapan sangat positif dari penonton, sehingga drama Korea termahal ini mendapat lampu hijau untuk pembuatan musim barunya.

 

The King: Eternal Monarch (estimasi biaya produksi: 30 miliar won; US$25,4 juta)

Drama Korea termahal ini merupakan salah satu serial yang paling diantisipasi tahun ini, dikarenakan faktor dua bintang utamanya Lee Min-ho dan Kim Go-eun dan dukungan bujet produksi mencapai US$25 juta. Serial ini mengetengahkan setting dua alam: kerajaan fiksi Kingdom of Corea dan Korea masa kini. Serial ini mendapat tanggapan yang sangat positif dari audiens internasional namun mendapat rating rendah dari audiens Koreanya sendiri berkenaan dengan kritik di aspek naskah, editing, dan penyutradaraannya.

 

Vagabond (estimasi biaya produksi: 20-25 miliar won; US$18,6 juta)

Memasang bintang Lee Seung-gi, Bae Suzy dan Shin Sung-rok, serial ini sukses meraih 1,78 juta penonton di Korea saat penayangan episode perdananya. Drama Korea termahal ini berkisah tentang seorang pria biasa yang terlibat dalam kasus jatuhnya sebuah pesawat dan kemudian terperangkap dalam intrik jaringan korupsi. Menurut Koreaboo, drama Korea ini proses syutingnya dilakukan di Portugal dan Maroko, dan dilaporkan para pemainnya harus menjalani serangkaian latihan fisik untuk persiapan peran mereka.

Baca Juga:  Jamie Foxx akan Berperan sebagai Pemburu Vampir dalam Film Day Shift

 

Hotel Del Luna (estimasi biaya produksi: 16-20 miliar won; US$13,5-16,9 juta)

Drama Korea ini berkisah tentang hotel mistis yang melayani roh dan mengirim mereka ke alam baka. Dibintangi oleh IU sensasi K-pop yang sangat kaya dan Yeo Jin-goo, drama Korea ini membutuhkan CGI berteknologi tinggi untuk menciptakan visualisasinya. Set yang beragam, kehadiran para selebritas yang menjadi bintang tamunya dan wardrobe mewah yang dikenakan IU menjadi aspek yang memakan bujet besar dalam produksi drama Korea termahal ini. Hotel Del Luna menjadi drama TVN dengan rating tertinggi di tahun 2019.

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.