Captain Marvel

[In-Depth] Captain Marvel, Superhero Wanita Terkeren dari Marvel

2903

Captain Marvel

Bagi anda yang menyimak berita film yang menyangkut superhero di ajang San Diego Comic-Con akhir pekan yang lalu, sudah pasti mengetahui bahwa Brie Larson telah ditunjuk oleh pihak Marvel Studios untuk memerankan karakter superhero wanita dari Marvel yaitu Captain Marvel.

Captain Marvel yang mempunyai alter ego bernama Carol Danvers adalah karakter superhero Marvel yang diciptakan oleh Roy Thomas dan Gene Colan. Ia muncul pada komik Mavel Super-Heroes #13 yang diterbitkan pada bulan Maret 1968, namun penampilan perdananya sebagai sosok Captain Marvel baru terjadi pada bulan Juli 2012. Sebelumnya Danvers dikenal sebagai Miss Marvel.

Namun selain informasi tersebut diatas, ada beberapa fakta menarik dari karakter Captain Marvel atau Carol Danver dari komik yang perlu diketahui.

Captain Marvel Dalam Komik

Sejarah Captain Marvel dimulai ketika Stan Lee dan Gene Colan membuat kisah tentang karakter Captain Mar-Vell di komik Marvel Super-Heroes #12 (Desember 1967). Mar-Vell merupakan perwira militer dari bangsa alien Kree yang diutus untuk mengawasi manusia di Bumi. Namun sebuah kejadian membuatnya berbalik memihak para manusia Bumi dan dicap sebagai penghianat oleh pimpinan Kree. Sejak itu ia kemudian membela Bumi dari ancaman bangsa Kree dan musuh lainnya.

Kemudian pada komik Marvel Super-Heroes #13 (Maret 1968), Mar-Vell bertemu dengan Carol Danvers (diciptakan oleh Roy Thomas dan Gene Colan) yang merupakan seorang astronot NASA pada waktu itu. Ketika Captain Mar-Vell sedang bertempur dengan bangsa Kree, Danvers kemudian terpapar sinar radiasi senjata bangsa Kree yang membuatnya mempunyai kekuatan super.

Carol Danvers kemudian memulai petualangannya sebagai superhero dan muncul sebagai Miss Marvel pertama kali pada komik Ms. Marvel #1 (Januari 1977).  Sebagai Miss Marvel yang mempunyai genetika bangsa Kree , Danvers dapat terbang dengan kecepatan melebihi kecepatan suara. Ia pun memiliki kekuatan super, bebrapa tokoh Marvel mengatakan bahwa Captain Marvel memiliki kekuatan tak terbatas. Ia juga ahli menggunakan berbagai senjata api termasuk senjata sniper. 

Baca Juga:  Korea Indonesia Film Festival 2020 diselenggarakan & digabung dengan konsep Festival Virtual

Namun baru pada tahun 2012, di komik karangan Kelly Sue DeConnick Carol Danver kemudian mengemban titel Captain Marvel setelah Captain America membuatnya yakin untuk memakai titel tersebut (Captain Marvel #1-August 2012).

Selain Carol Danvers terdapat karakter lain yang juga pernah menggunakan titel Captain Marvel. MEreka adalah Monica Rambeau, Mar-Vell, Noh-Varr, Khn’nr, Phyla-Vell dan Genis-Vell.

Baca Juga: Para Pemeran Civil War Menginginkan Gabungnya X-Men dengan MCU