Denis Villeneuve Berang kepada WarnerMedia, Sebut Mereka Telah “Membunuh” Franchise Dune

1583

Pengumuman WarnerMedia yang mengatakan bahwa mereka akan merilis film terbaru mereka di 2021 melalui HBO Max pada waktu yang bersamaan dengan rilis bioskop telah memunculkan berbagai gelombang reaksi negatif di Hollywood. Beberapa mitra raksasa industri tersebut mengancam akan melakukan tuntutan hukum, sementara yang lain bersumpah tidak akan pernah bekerja lagi dengan Warner.

Denis Villeneuve, yang bermitra dengan Warner Bros. untuk membuat film Dune yang akan datang, juga merupakan slah satu pihak yang bereaksi keras terhadap keputusan tersebut begitu mengetahui bahwa filmnya juga akan masuk ke jalur streaming. Villeneu menulis esai untuk Variety di mana dia mengecam AT&T, perusahaan induk Warner, karena menempatkan keuntungan di atas rasa cinta akan bioskop.

“Saya mengetahui dari media bahwa Warner Bros. telah memutuskan untuk merilis Dune di HBO Max pada waktu yang sama dengan rilis bioskopnya dan menggunakan gambar-gambar dari film kami untuk mempromosikan layanan streaming mereka. Dengan keputusan ini, AT&T telah membajak salah satu studio penting dalam sejarah film. Sama sekali tidak ada cinta untuk bioskop, atau untuk penonton di sini. Ini semua tentang kelangsungan hidup raksasa telekomunikasi, yang saat ini menanggung utang lebih dari $150 miliar. Oleh karena itu, meskipun demikian Dune adalah tentang bioskop dan penonton, AT&T adalah tentang kelangsungan hidupnya sendiri di Wall Street. Dengan kegagalan peluncuran HBO Max sejauh ini, AT&T memutuskan untuk mengorbankan Warner Bros.  dan seluruh daftar film 2021 dalam upaya putus asa untuk menarik perhatian penonton.”

Jelas, Denis Villeneuve tidak berminat untuk berkata bijak atau melakukan diplomasi dalam menggambarkan tindakan Warner tersebut sehubungan dengan Dune, dan kemitraan kreatif mereka secara umum. Sineas ini selanjutnya menjelaskan bahwa meskipun dia melihat streaming online sebagai tambahan positif untuk dunia penceritaan visual, film seperti Dune seharusnya masuk dalam ruang bioskop. Ia juga mengatakan bahwa mereka telah “membunuh” masa depan franchise dune akibat keputusan tersebut.

“Layanan streaming adalah tambahan yang positif dan kuat untuk ekosistem film dan TV. Tetapi saya ingin penonton memahami bahwa streaming saja tidak dapat menopang industri film seperti yang kita ketahui sebelumnya. Streaming dapat menghasilkan banyak konten bagus, tetapi bukan film dengan cakupan dan skala seperti Dune. Keputusan Warner Bros. berarti menganggap Dune tidak akan memiliki kesempatan untuk menghasilkan pendapatan finansial agar dapat bertahan dan pembajakan pada akhirnya akan menang. Warner Bros. mungkin saja telah membunuh franchise Dune. Yang ini untuk para penggemar. AT&T John Stankey mengatakan bahwa kuda streaming pergi dari kandang. Sebenarnya, kuda itu meninggalkan kandang menuju rumah jagal.”

Disutradarai oleh Denis Villeneuve dari naskah yang dia tulis bersama dengan Eric Roth dan Jon Spaihts, Dune dibintangi oleh Timothée Chalamet sebagai Paul Atreides, Zendaya sebagai Chani, Rebecca Ferguson sebagai Lady Jessica, Oscar Isaac sebagai Duke Leto Atreides, Stellan Skarsgård sebagai Baron Vladimir Harkonnen, Javier Bardem sebagai Stilgar, Chang Chen sebagai Dr. Wellington Yueh, Sharon Duncan-Brewster sebagai Dr. Liet Kynes, Charlotte Rampling sebagai Reverend Mother Gaius Helen Mohiam, Dave Bautista Glossu Rabban, David Dastmalchian sebagai Piter De Vries, Jason Momoa sebagai Duncan Idaho, Stephen Henderson sebagai Thufir Hawat dan Josh Brolin sebagai Gurney Halleck. Film ini tayang di bioskop dan di HBO Max pada 1 Oktober 2021.

Baca Juga:  Trailer Anyar The Matrix Resurrections Akan Membuat Anda Mengalami Deja Vu

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.