Steve Chao

Dean Johnson & Steve Chao menceritakan mengenai Traffickers (2)

170

Serial dokumenter HBO Asia Originalย  Traffickers: Inside The Golden Triangle sedang tayang , dan kali ini Cinemags (Nuty Laraswaty) mendapatkan kesempatan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai latar belakang di balik pembuatan serial ini dari Dean Johnson & Steve Chao

Q: Bagaimana cara pendekatan dalam proses pembuatan serial ini, dikarenakan hampir semuanya adalah orang dalam /insider dari kelompok ini?

Steve Chao : Ya, tujuan pembuatan serial ini adalah menekankan sumbernya adalah dari orang-orang yang mengenal , pernah bekerja sama , bukan dari orang yang mengetahui atau mendengar dari orang lain. Kami juga ingin petugas hukum yang terlibat dalam film ini adalah mereka yang mengetahui secara pasti akan kejadian ini.

Jadi waktu yang lama memang terjadi saat pra produksi, dimana kami berusaha untuk menghubungi mereka dengan kategori yang kami inginkan dari awal.

Traffickers

Q; Apakah yang menjadi alasan bagi kalian untuk membuat serial dokumenter ini?

Dean Johnson : Saya mendengar cerita dan mengetahui sejarah mengenai orang-orang seperti Khun Sa, namun saya tidak menyadari sampai saat kami melakukan riset, betapa besarnya pembuatan obat-obat terlarang ini di Golden Triangle.

Bisa jadi orang-orang hingga saat ini masih memperoleh obat-obat terlarang dari Golden Triangle. Semakin kami menggali semakin dalam, kami menyadari ini tidak hanya sebatas mengenai sejarah, namun ini adalah mengenai masa kini. Obat terlarang ini semakin hari semakin banyak berdatangan ke Asia .

Itulah saat kami menyadari kami harus menceritakan ini sedari awal , tahun 1960 an hingga ke masa kini. Jadi yang paling membuat kami antusias adalah cerita ini sebenarnya menceritakan akan apa yang terjadi di masa kini. Kami memiliki kesempatan luar biasa untuk mengatur time line dalam serial, dari era waktu masa lampau ke era waktu masa kini hingga ke masa depan.

Baca Juga:  Oh Wonder Hadir di Mola Chill Fridays

Steve Chao: Ya, kita semua mengetahui, selama beberapa tahun, petugas hukum di negara-negara Asiaย  setiap minggunya telah menemukan kembali jejak penyalahgunaan obat-obatan ini. Jadi dengan mengikuti rute jejak dari masa lalu ke masa sekarang dari amana semua hal ini terjadi, bisa dikatakan tujuan dasar kami dalam membuat serial ini. Melalui “drug lord” kami memperoleh penemuan luar biasa mengenai siapa mereka, bagaimana mereka menggunakan kesempatan dan memperoleh keuntungan dari Golden Triangle, bagaimana cara mereka mengelola serta bagaimana kehidupan mereka. Secara tidak langsung cerita mengenai mereka juga menggambarkan kebangkitan Asia. Secara keseluruhan, mereka mampu menggerakkan roda perekonomian , melalui jaringan mereka dapat menyebarkan obat-obatan ini ke seluruh dunia. Mereka juga laksana “Robin Hood” yang menolong masyarakatyang terpinggirkan, sehingga seakan ada dualisme dalam sosok pribadi mereka.

Wah seru juga penjelasan mereka berdua. Apakah sudah menonton Traffickers: Inside The Golden Triangle?