Daredevil Kembali ke Tangan Marvel Studios Akhir Tahun 2020

1236

Awalnya, untuk mengangkat para superhero miliknya ke dalam berbagai media, Marvel Studios harus bekerja sama dengan berbagai pihak. Hal itu sempat membuat mereka kehilangan hak atas sejumlah karakter, baik untuk digunakan dalam film maupun layar kaca. Di antaranya Daredevil, yang sementara ini berada di tangan Netflix lewat kemunculan serial berdasarkan sang superhero. Namun, dalam waktu dekat ini, pemilik identitas asli Matt Murdock tersebut bakal kembali ke tangan penciptanya.

Di tahun 2013, Netflix mengikat kontrak dengan Marvel untuk menciptakan serial Daredevil yang dikembangkan oleh Drew Goddard. Sayangnya, serial yang dibintangi Charlie Cox ini hanya bertahan selama tiga season saja, dan berakhir di bulan November 2018. Berdasarkan kontrak, Marvel Studios akan mendapatkan hak bagi karakter yang dimaksud 2 tahun setelah serialnya dibatalkan. Berarti, pada bulan November nanti, superhero berjuluk “Man Without Fear” tersebut kembali ke pemilik sahnya.

Perlu diperhatikan bahwa selain Daredevil, dalam waktu yang sama Netflix memperoleh hal untuk sejumlah karakter lain. Mereka adalah Jessica Jones, Luke Cage, Iron Fist, dan Punisher (diperankan Krysten Ritter, Mike Colter, Finn Jones, dan Jon Bernthal). Karena serial mengenai keempat karakter itu ikut dibatalkan, maka hak kepemilikan mereka juga bakal kembali jatuh ke tangan Marvel Studios. Sebagai catatan, hak untuk Jessica Jones dan Punisher baru diperoleh sekitar awal tahun 2021 mendatang.

Untuk sekarang, Marvel Studios belum mempunyai rencana bagi Daredevil dan keempat karakter lain, maupun pengimplementasian mereka dalam Marvel Cinematic Universe. Satu hal yang pasti, kehadiran karakter-karakter itu menambah panjang daftar superhero yang dikuasai Marvel. Terutama setelah Disney mengakuisisi 20th Century Fox, pemegang lisensi X-Men, Fantastic Four dan Deadpool.

Baca Juga:  Xochitl Gomez Bergabung dengan Doctor Strange 2

Kini, satu-satunya pesaing Marvel Studios adalah Sony melalui shared universe miliknya, Sony Pictures Universe of Marvel Characters. Meski sama-sama menciptakan film bertema superhero, SPUMC meraih sukses dengan mengangkat karakter-karakter yang berbeda dari MCU. Contohnya Venom (2018), dengan Tom Hardy sebagai bintang utamanya. Untuk tahun 2021, mereka memiliki dua proyek yang mendapat sambutan hangat yakni Venom: Let There be Carnage dan Morbius. [Aseek]




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.