Dampak Pandemi Global Corona, Musim Panas 2020 Terancam Sepi Film Blockbuster

499

Dengan maraknya kabar penundaan tanggal rilis banyak film blockbuster besar seperti Bond 25, F9, hingga Black Widow akibat dampak pandemi global Corona, sepertinya musim panas tahun ini akan sepi blockbuster . Dampak luar biasa pandemi ini bahkan membuat studio besar sekelas Universal sudah  menyiasati dengan merilis beberapa rilisan film terbarunya ke format VOD.

Permasalahannya, satu hal mengenai film blockbuster besar adalah kesuksesan dan kelangsungan jangka panjang mereka sangat tergantung pada pendapatan box office internasional. Faktor inilah yang membuat Disney tidak cukup untuk serta merta memanuver film unggulannya (taruhlah Black Widow-red) ke Disney+ ketika layanan streaming yang mereka miliki masih belum punya cukup teritori yang luas. Belum lagi resiko pembajakan yang terlalu tinggi bisa membuat produksi berbujet besar ini tersebar luas dan menanggung angka kerugian yang sangat merusak.

Selain itu, Anda perlu memikirkan semua aliran pendapatan tambahan yang dipengaruhi oleh pandemi dan resesi global. Sudah bukan rahasia lagi, Black Widow tidak hanya tergantung pada box office. Namun juga tergantung pada angka penjualan merchandisenya.

Sementara, situasi yang terjadi saat ini justru banyak orang yang kehilangan pekerjaannya, membatasi pengeluarannya, dan lebih memilih mengisolasi diri. Sehingga, taruhlah Disney merilis Black Widow secara streaming, kemungkinan kehilangan sebagian besar potensi pendapatan tambahannya, yang biasanya selalu mereka tuai.

Coba saja simak daftar film-film musim panas yang ada, mudah dimaklumi kalau kesemuanya mengalami situasi yang sama: Artemis Fowl, Wonder Woman 1984, Soul, Top Gun: Maverick, In the Heights, Free Guy, Minions: The Rise of Gru, Ghostbusters: Afterlife, Tenet, Jungle Cruise, Morbius, dan Bill & Ted Face the Music, semua film itu sejatinya ditujukan untuk format bioskop dan sebagian besar di antaranya punya potensi semacam level franchise / merchandise, yang pastinya jika sampai harus dirilis secara digital, terasa sangat sia-sia. Tidak menutup kemungkinan judul-judul di atas juga kemudian memundurkan tanggal rilisnya.

Baca Juga:  Bintang Maze runner, Dylan O’Brien akan Membintangi Film Perang Vietnam, The Greatest Beer Run Ever

Dengan sampai saat ini masih belum bisa dipastikan akan sampai kapan pandemi global ini akan berakhir, yang mana untuk industri film khususnya harus menghentikan roda produksi ataupun menunda rilisan terbaru mereka, serta banyak bioskop-bioskop di pelbagai negara yang sepi penonton atau malah sampai ditutup, untuk saat ini jika berkaitan dengan film blockbuster, para penikmat film sepertinya harus sangat sabar menunggu sebelum dapat kembali menyaksikan aksi terbaru Black Widow ataupun the Minions. [Disadur dari collider]

Daftar film internasional yang resmi diundur tanggal rilisnya, hingga saat ini:
– No Time to Die (Bond 25)
– Vanguard
– Fast & Furious 9 (F9)
– Mulan
– A Quiet Place: Part II
– The Woman in the Window
– The New Mutants
– Antlers
– Black Widow
– Peter Rabbit 2
– Sooryavanashi

Daftar Film Tanah Air yang resmi diundur tanggal rilisnya, hingga saat ini:
– KKN di Desa Penari
– Guru-Guru Gokil
– Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah
– Mudik
– Tersanjung: The Movie
– Jodohku Yang Mana? (Molulo 2)
– Mudik
– Vitamin Sea

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.