CODA – Sinopsis dan Ulasan Film

507

Kisah-kisah coming of age telah ditangani sejak lama dan dalam banyak cara. Film seperti Stand By Me, Sixteen Candles, The Edge of Seventeen, Yes, God Yes , Eight Grade, maupun Lady Bird adalah contoh bagaimana mengambil subjek tumbuh dewasa dan menemukan diri sejati Anda dalam pelbagai cara. Bisa dicampur dengan genre selain penggambaran drama atau komedi klasik, baik melalui kriminal, horor, hingga fantasi. Dalam CODA, adalah musik dan polemik keluarga sebagai kekuatan pendorongnya untuk mencapai cerita yang penuh kehangatan.

Film yang pada ajang Sundance Film Festival 2021 meraih Grand Jury Prize ini merupakan hasil remake dari film Prancis La famille BΓ©lier. CODA dibintangi oleh Emilia Jones (Brimstone, Locke & Keys) dan Marlee Matlin, dan disutradarai oleh Sian Heder.

CODA (Child of Deaf Adults) berfokus pada Ruby Rossi (Jones), seorang siswa sekolah menengah atas dan satu-satunya anggota keluarga tunarungu yang dapat mendengar. Karena itulah ia menjadi tumpuan keluarganya, sebagai mediator komunikasi keluarganya yang berprofesi sebagai nelayan dengan orang lain.

Hingga suatu ketika, ketertarikan Ruby pada salah satu teman sekolahnya menyebabkan ia bergabung dengan kelompok paduan suara sekolah. Bakat vokal yang dimilikinya kemudian diketahui oleh guru paduan suara yang kemudian menekannya lebih dieksplorasi secara serius. Akibatnya, Ruby berada dalam situasi sulit antara memutuskan kemungkinan masa depan dengan bernyanyi atau tetap bersama keluarganya sebagai mediator meski itu berarti mengorbankan kebahagiaannya.

 

 

CODA bukanlah terobosan dalam hal narasi, bahkan sejatinya ceritanya mudah diprediksi. Dari lima menit pertama, Anda bisa menebak hampir semua yang akan terjadi di dalamnya. Mengejar mimpi, komplikasi keluarga baik dalam aspirasi karakter utama dan pekerjaan mereka, kisah cinta remaja …

Baca Juga:  Trailer Anyar Last Night In Soho Ungkap Kisah Seram yang Mendebarkan

Adapun, keunggulan CODA adalah melalui pengembangan karakternya dan perpaduan sempurna antara drama menyentuh dan humor. Ruby ditampilkan sebagai remaja kompleks yang harus tumbuh terlalu cepat untuk menjembatani orangtuanya karena ia juga mengalami semua momen khas anak sekolah menengah seperti perundungan, minat cinta, dan persahabatan yang berkembang.

Orangtuanya, Frank dan Jackie, cantik, canggung, dan dipenuhi ketakutan akan kepergian putri mereka sebagai satu-satunya hubungan dengan dunia luar. Awalnya terkesan egois, pendirian mereka didasarkan pada cinta dan rasa kekeluargaan kuat yang menawan tetapi sama-sama membuat frustrasi ketika Ruby mencoba untuk menarik diri.

CODA impresif karena dibuat dengan sangat hati-hati dan menyentuh semua nada yang tepat. Seperti Sound of Metal karya Darius Marder, CODA menggunakan bahasa isyarat dan ucapan untuk menyampaikan dialog. Bintang utama CODA memberikan penampilan luar biasa yang membantu penonton mengikutinya secara keseluruhan, dengan tiga di antaranya tunarungu.

Inti dari film ini pada akhirnya didorong oleh para pemeran yang sangat terpilih. Jones bersinar sebagai Ruby tetapi kegembiraan sebenarnya dari film ini adalah seluruh keluarganya yang semuanya spektakuler, dari Kotsur sebagai ayah Ruby, Frank, Matlin sebagai ibu Ruby, Jackie, dan Durant sebagai saudara lelaki Ruby, Leo. Selama film, karakteristik masing-masing begitu menonjol yang dapat dimaksimalkan sehingga setiap kata terasa dan setiap percakapan memiliki dampak emosional. Sementara itu, salah satu karakter terbaik di luar keluarga Rossi adalah guru paduan suara Ruby Bernardo Villalobos yang diperankan oleh Eugenio Derbez yang benar-benar luar biasa, menawarkan keceriaan dan humor melalui interaksinya dengan Ruby dan lainnya.

Pada akhirnya, terlepas dari beberapa tonggak prediktifnya, CODA menandai salah satu film yang paling menawan dan menyentuh secara emosional pada tahun 2021 dan melalui penampilannya yang kuat, kisah yang indah, dan pesan kepedulian yang pasti akan tetap bersama pemirsa jauh melampaui kredit akhir. Sepanjang perjalanannya, pengejaran hasrat Ruby terbungkus dalam cinta dan komunitas yang menawarkan sesuatu yang benar-benar luar biasa dan lebih dalam dari apa yang mungkin tampak di permukaan.

Baca Juga:  Review film The Watcher

CODA dapat disaksikan secara streaming di Apple TV Plus