Catatan The Look of Silence “Senyap” Salah Satu Nominasi Oscar Film Dokumenter Asal Indonesia

1075

KgED5-696x598

Catatan hebat di awal tahun 2016 ini, setelah Joey Alexander berhasil masuk dalam daftar Grammy Awards 2016, kemudian film dokumenter berbahasa Indonesia The Look of Silence masuk di kategori ‘Best Documentary Feature’ bersaing dengan sejumlah film asal negara lain.

Senyap adalah film dokumenter kedua karya sutradara berkebangsaan Amerika Serikat, Joshua Oppenheimer dengan tema pembantaian massal anggota PKI tahun1965. Adi Rukun, adik seorang keluarga PKI yang menghadapi ketika dirinya dan keluarganya dituduh sebagai bagian dari PKI. Adi bertekad untuk memecah belenggu kesenyapan dan ketakutan yang menyelimuti kehidupan para korban, dan kemudian mendatangi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan kakaknya, sesuatu yang tak terbayangkan ketika dia mengetahui para pembunuh masih berkuasa.

Ini adalah kali kedua Joshua Oppenheimer masuk nominasi Oscar setelah 2 tahun lalu film dokumenter serupa berjudul The Act of Killing masuk nominasi di kategori serupa. Jika di film The Act of Killing, Joshua menyoroti dari pelaku pembantaian, di film senyap ini mengambil sudut pandang dari korban.

Sebelum bertengger di nominasiOscar tahun ini, film ini juga telah dianugerahi sejumlah penghargaan. Di antaranya Grand Jury Prize di Festival Film Venesia, Moused’Oro sebagai film dokumenter terbaik, Busan International Film Festival meraih Busan Cinephile Award, dan lainnya.

Pada 29 Desember 2014 Lembaga Sensor Film (LSF) mengeluarkan surat yang menolak film Senyap seutuhnya, melarang pemutaran film Senyap untuk umum dan di bioskop. Walaupun demikian, LSF menyatakan bahwa film Senyap dapat ditonton untuk kalangan terbatas. Pada bulan Oktober 2015, dalam rangkaian acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, salinan film Senyap dibagikan secara gratis kepada publik di Museum Temporer Rekoleksi Memori, Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Jika kalian ingin menontonnya, Cinemags menemukan full movie berbahasa Indonesia di Youtube yang diupload 3 minggu yang lalu, dengan catatan sudah mendapat ijin dari pemegang hak ciptanya.

Baca Juga:  Kabar Gembira, Sekuel Cruella Kini Sedang Dikembangkan oleh Disney

Film Senyap akan bersaing dengan film dokumenter panjang lainnya seperti: Amy, Cartel Land, What Happened, Miss Simone, Winter On Fire: Ukraine’s Fight For Freedom. Menang atau kembali gagal Joshua Oppenheimer?