Bukti Bahwa Manusia Dapat Terbebas Dari Pandemi (Seperti) COVID-19

969

Berita mengenai semakin bertambahnya korban jiwa yang jatuh akibat COVID-19, tentu menimbulkan kecemasan di hati semua orang. Namun, terdapat sisi lain dari berita itu yang kadang terlupakan, yakni kesembuhan dari mereka yang sebelumnya terpapar virus Corona. Semua itu menunjukkan bahwa manusia masih memiliki harapan untuk terbebas dari pandemi mengerikan tersebut, seperti halnya film-film berikut ini.

DERANGED


Cured from: Yeongasi, mutated horsehair worm
Korea dikejutkan dengan ditemukannya mayat manusia dalam jumlah besar di wilayah perairan. Penyebabnya adalah Yeongasi, sejenis horsehair worm yang bermutasi sehingga dapat menginfeksi manusia – hal yang normalnya tidak mungkin terjadi! Saat keluarganya menunjukkan gejala terinfeksi, Jae-hyuk (Kim Myung-min) harus berpacu melawan waktu demi menemukan obat untuk membasmi parasit tersebut. Tapi untuk itu, ia harus berhadapan dengan konspirasi besar yang “melahirkan” Yeongasi!

FLU


Cured from: Mutated H5N1 strain
Bencana berawal dari kontainer berisi sejumlah imigran ilegal, yang hampir semuanya meninggal akibat penyakit tak dikenal. Dari sang penyelundup yang berinteraksi dengan mereka, virus flu yang bermutasi sehingga menyebabkan penyakit mematikan pun menyebar! Ternyata, seorang gadis kecil bernama Mi-reu (Park Min-ha) memiliki kekebalan terhadap virus itu, walau pernah berinteraksi seorang imigran gelap. Hal itu membuat Kang Ji-goo (Jang Hyuk) harus berjuang melindungi sang gadis, di tengah kepanikan yang melanda penduduk Bundang.

I AM LEGEND


Cured from: Darkseeker virus
Awalnya bertujuan menyembuhkan kanker, virus hasil rekayasa genetik ini justru merubah umat manusia menjadi sejenis vampire berjuluk Darkseeker. Hanya sedikit yang memiliki kekebalan terhadap efek virus tersebut; salah satunya virolog Robert Neville (Will Smith). Sambil bertahan hidup dari serangan para makhluk ganas, ia terus berusaha mengembangkan penawar bagi virus Darkseeker. Usaha kerasnya membuahkan hasil di mana Neville berhasil menemukan penangkalnya, meski untuk itu ia harus (spoiler alert!) kehilangan nyawanya.

Baca Juga:  Seluruh Bioskop di Indonesia Akan Dibuka Serentak Pada 29 Juli 2020

OUTBREAK


Cured from: Motaba virus
Seekor monyet capuchin hasil selundupan menjadi inang bagi virus berbahaya Motaba, di mana penderitanya mengalami demam tinggi hingga akhirnya meninggal. Dalam waktu singkat, virus berbahaya itu menyebar di kota kecil Cedar Creek dan menyebabkan jatuhnya korban dalam jumlah besar. Colonel Sam Daniels (Dustin Hoffman) berjuang melawan waktu untuk menemukan antidote bagi virus tersebut. Pasalnya, ia mendapati bahwa untuk mencegah penyebarannya, pihak militer berencana membumihanguskan kota kecil itu!

WORLD WAR Z


Cured from: Solanum
Bersama para ilmuwan lainnya, Gerry Lane (Brad Pitt) berjuang menemukan penangkal bagi virus misterius berjuluk Solanum. Begitu masuk ke dalam aliran darah, virus itu merubah inangnya menjadi zombie ganas yang bakal menyerang siapa pun yang ditemuinya. Namun, untuk itu, ia harus menjalani misi berbahaya dengan memasuki wilayah yang dihuni para undead! Meski kehilangan sebagian besar anggota timnya, Gerry berhasil menyelesaikan tugasnya dan mendapatkan patogen penangkal Solanum.

Memang, hingga sekarang belum ada obat pasti untuk menyembuhkan pasien yang terpapar Coronavirus. Tapi lewat contoh-contoh di atas, kita dapat menaruh harapan bahwa antidote yang dimaksud pasti ditemukan. Untuk sementara, mari kita galakan social distancing untuk menghentikan COVID-19. Hal ini tentunya sangat membantu para petugas medis selaku garda terdapan dalam pandemi COVID-19. Just remember: be aware, but don’t panic.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.