Best Found Footage Films Ever Made….So Far

674

Berbeda dengan genre-genre film lainnya yang umumnya membutuhkan dana produksi yang extravaganza guna menyuguhkan tampilan spektakuler ataupun memikat nama-nama bintang besar untuk membintanginya, film-film bergenre found footage kebanyakan sangat simpel dalam arti yang sesungguhnya. Di mana selain tidak membutuhkan dana yang besar, jumlah pemain yang terlibat pun terkadang bisa lebih sedikit dari hitungan jari tangan.  Satu lagi fakta menarik yang tak bisa dikesampingkan adalah tidak jarang menimbulkan kontroversi berkaitan dengan perdebatan apakah yang disajikan di film itu nyata atau sekedar isapan jempol belaka.

Pertama kali muncul di kurun waktu 1980an, genre ini berkembang subur paska tahun 2000, ketika berbagai tayangan berisikan rekayasa kenyataan semakin mendominasi keseharian kita. Dari dulu hingga sekarang film apa saja yang termasuk ke dalam daftar found footage terbaik? Inilah deretan film found footage terbaik versi Cinemags.

 

The Blair Witch Project (1999)

What is in the tape?

Tiga remaja murid sekolah perfilman (Heather Donahue, Joshua Leonard, Michael C. Williams) mengadakan ekspedisi ke kawasan terpencil di Maryland untuk membuat sebuah dokumenter mengenai legenda lokal the Blair Witch. Ketiganya kemudian dinyatakan hilang dan tak pernah ditemukan, satu-satunya bukti yang tersisa adalah rekaman hasil kerja keras sekaligus apa yang menimpa mereka.

Comment

Meski bukan pionir, film yang pengembangannya sudah dirintis sejak 1988 ini boleh dibilang yang menyebabkan genre found footage berkembang hingga seperti sekarang ini. Minimnya informasi serta strategi viral marketing berupa laporan polisi palsu serta berbagai artikel, foto serta berita suratkabar mengenai hilangnya tiga mahasiswa itu, sempat sukses mengecoh banyak pihak bahwa apa yang disajikan film ini merupakan kejadian sesungguhnya. Film ini menjadi salah satu found footage paling sukses dengan total raihan lebih dari $248 juta dari bujet $22 ribu saja.

Baca Juga:  Ini dia drakor yang dapat ditonton di Viu tanpa harus berlangganan Premium

Fun Fact

Semua yang dituangkan dalam film ini semuanya palsu, baik itu legendanya maupun nama-nama disinggung di sana, semuanya hanyalah hasil akal-akalan sang sutradara dan anagram dari nama-nama tokoh nyata.

 

The Poughkeepsie Tapes (2007)         

What is in the tape?

Berawal dari penggerebekan sebuah rumah di kawasan kota New York, polisi menemukan kurang lebih sekitar 800 video rekaman aksi seorang pembunuh mutilasi, yang membawa mereka ke proses investigasi sosok The Water Street Butcher: psikopat sadis misterius yang gemar mengabadikan aksi pembunuhan mutilasinya, berikut seorang gadis bernama Cheryl Dempsey (Stacy Chbosky); salah korbannya yang masih hidup dan menjalin hubungan kompleks dengannya. Ratusan video itu menjadi koleksi bukti kejahatan paling ekstrim bagi kepolisian New York.

Comment

Berbeda dengan film-film found footage lainnya, The Poughkeepsie Tapes tidak berisikan hal-hal yang berbau supranatural maupun fiksi ilmiah; tema yang biasanya paling mudah dijumpai serta agaknya paling pas dengan film genre seperti ini. Keunikan film garapan John Erick Dowdle ini tidak berhenti sampai di situ, film ini juga menampilkan banyak pemain yang terlibat serta banyak berisikan adegan kekerasan dan penyiksaan yang terbilang eksplisit, yang membuatnya mendapatkan rating R.

Fun Fact

Sajian serta materi yang ada di film ini memiliki kemiripan dengan kasus sungguhan pembunuh serial Poughkeepsie; Kendall Francois yang didakwa melakukan delapan kasus pembunuhan (minus kecenderungan merekam aksi kejahatannya). Akan tetapi sang sineas menampik hal itu.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.