Beberapa Fakta Mengenai Rip Torn

276

Selasa (9/7) kemarin, aktor pemeran Chief Zed dalam Men in Black , Rip Torn meninggal dunia di rumahnya di Lakeville, Connecticut. Elmore Rual Torn Jr. atau akrab disapa Rip Torn meninggal di usianya yang ke-88 tahun. Selain menjadi bintang Men in Black, ia juga mengisi peran penting dalam Larry Sanders Show. Untuk mengenangnya, inilah beberapa fakta mengenai Torn:

Sudah aktif selama hampir setengah abad di dunia perfilman

Rip Torn lahir pada 6 Februari 1931. Ia pertama kali melakukan debut di dunia perfilman sejak 1951. Pada 1956, aktor ini mulai menapaki jejak di Hollywood dengan memainkan peran kecil dalam film Baby Doll. Di layar televisi, Torn memulai debutnya dalam seri antologi Alfred Hitchcock Presents.

Perannya sebagai Dr. Nathan Bryce dalam film sains-fiksi The Man Who Fell to Earth menjadikannya salah satu aktor yang dipercaya untuk memerankan peran-peran penting. Ia mengukuhkan dirinya sebagai aktor secara kredensial. Ia telah memerankan berbagai macam peran dalam film sebaik perannya di televisi.

Aktif di Teater Broadway

Rip Torn seringkali muncul dalam banyak produksi teater Broadway sepanjang hidupnya. Pada awal karirnya, ia muncul dalam acara terkenal seperti Sweet Bird of Youth dan memenangkan Penghargaan Teater Dunia. Pada era 60-70an, ia juga menjadi sutradara dalam beberapa teater Broadway. Selain Broadway, Torn juga muncul di berbagai produksi teater lainnya seperti The Lucille Lorter Theater dan The Public Theater in New York City, performanya sama baiknya dengan aktingnya di Broadway.  Beberapa perannya yang terkenal antara lain pada Desire Under the Elms dan The Deer Park.

Alasan suksesnya film Cross Creek pada 1983

Ia mulai memperoleh puncak ketenarannya pada 1983 saat ia bermain dalam film Cross creek. Saat itu, film tersebut sukses besar dengan memperoleh empat nominasi di Academy Awards. Di saat yang sama Torn menang pada kategori Aktor Pendukung Terbaik. Selain itu, peran Rip Torn sebagai Marsh Turner dalam film itu disebut-sebut menjadi alasan terbesar mengapa Cross Creek memperoleh pujian besar dari para kritikus.

Baca Juga:  Ini Alasan Taika Waititi Lebih Memilih Film Marvel Dibanding Star Wars

Selain hal-hal tersebut, masih begitu banyak kesuksesan yang diraih Rip Torn semasa hidupnya, terutama dalam dunia film dan televisi. Kematiannya begitu memukul para sosok yang pernah bermain dengannya termasuk Will Smith di Men in Black. Selamat jalan Elmore Rual “Rip” Torn Jr.!

*Kontributor: Andy Alwan




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.