Batman: The Long Halloween, Part Two – Ulasan Film

334

Sebagaimana layaknya sekuel, yang dibutuhkan untuk Batman: The Long Halloween, Part Two sejatinya adalah mempertahankan fondasi yang sudah dibangun film pertamanya. Perlu diinformasikan terlebih dahulu bahwa saat dirilis, Batman: The Long Halloween, Part One sukses menarik simpati banyak kalangan, dengan keberhasilannya meresonansi kualitas kisah komiknya.

Melanjutkan apa yang sudah diceritakan di film sebelumnya, investigasi untuk mengungkap identitas The Holiday Killer harus balik ke titik nol. Saat sosok yang dicurigai kuat sebagai pelaku malah menjadi salah satu korbannya. Beberapa bulan berlalu, keadaan semakin pelik bagi Komisaris Gordon dan Harvey Dent, karena Batman hilang tanpa kabar, sedangkan mereka selalu selangkah di belakang The Holiday Killer. Usut punya usut Bruce Wayne tengah berada dalam pengaruh Poison Ivy. Untungnya berkat bantuan Catwoman, Poison Ivy bisa dilumpuhkan, sehingga Bruce bisa meneruskan penyelidikannya terhadap Holiday.

Menapaki kembali investigasi pembunuhan misterius yang masih terus berjalan, Batman mulai mendapati bahwa kasus yang ia hadapi sangatlah kompleks, karena di dalamnya tidak hanya berhubungan dengan klan keluarga Falcone saja, namun juga peristiwa yang menewaskan kedua orangtuanya, dan juga menyeret kecurigaan pada orang-orang terdekatnya. Belum lagi, di tengah situasi rumit ini, para musuh lama Batman berusaha memanfaatkan situasi yang ada dengan rencana kejahatan mereka masing-masing. Dapatkah Batman mengungkap identitas si pembunuh misterius ini sambil membereskan ulah para musuh lamanya untuk menjaga Gotham tetap aman?

Dengan kualitas yang bisa dikatakan mampu menyamakan bahkan mungkin sedikit lebih unggul dari film pertamanya, penulis Tim Sheridan berhasil menyuguhkan kisah ini secara impresif. Ceritanya memiliki fokus yang jauh lebih manusiawi. Kekerasannya banyak dan jauh lebih gamblang kali ini.

Baca Juga:  Judul Resmi dan Tanggal Rilis Baru Fantastic Beasts 3 Terungkap!

Persahabatan, kesetiaan, keluarga, keadilan, dan balas dendam adalah tema utama dalam cerita komik Long Halloween karya penulis Jeph Loeb dan artis Tim Sale. Dan itu bisa ia bawa ke film ini lewat arahan Palmer dan performa yang luar biasa, dari jajaran para pemainnya, skrip Sheridan mampu menghadirkan dinamika indah yang membuat karakter-karakter mereka terasa berkembang sepenuhnya.

Sutradara Chris Palmer melakukan pekerjaan luar biasa dalam mementaskan ketegangan yang menciptakan momen-momen suspense yang menghadirkan kejutan tak terduga. Pun juga dengan adegan aksi yang mampu dibangun secara apik dan segar tanpa terkesan repetitif atau memancing kebingungan.Kunci besar untuk variasi pertarungan adalah masuknya banyak Batman Rogues dari Scarecrow (Robin Atkins Downes), Mad Hatter (John DiMaggio), Solomon Grundy (Fred Tatasciore) dan The Joker (Troy Baker). Dan, Palmer serta Sheridan mampu membuat mereka sangat tangguh untuk membuat Batman lumayan kewalahan.

The Long Halloween membuat kasus yang kuat bahwa cerita DC yang sangat dihormati ini adalah strategi yang tepat untuk dituangkan dalam dua film. Tentu saja, opsi untuk memadatkannya menjadi hanya dalam satu film bisa saja terjadi, namun hasilnya akan membuat storylinenya terlalu padat dan bisa jadi hasilnya kurang memuaskan. Untungnya, hal itu tidak terjadi.

Walaupun Batman: The Long Halloween, Part Two juga menyuguhkan beberapa perubahan hal dari komiknya, perubahan dari materi sumber aslinya bisa dibilang menghasilkan konklusi yang lebih baik. Sangat mengesankan berapa lama Sheridan menjaga identitas Holiday sebagai misteri yang layak dan pengungkapan dengan motif yang benar-benar menghancurkan menempatkan film dalam konteks baru.

Semuanya, mulai dari gaya animasinya, yang mengingatkan kembali pada masa Batman: The Animated Series, naskah hebat dari Sheridan dan kinerja apik semua orang yang terlibat telah membantu mewujudkan ini. Batman The Long Halloween, Part Two adalah pencapaian yang menakjubkan dan dipasangkan dengan film babak pertamanya rasanya berhasil menciptakan standar baru untuk adaptasi DC Comics.

Baca Juga:  Netflix akan Mengadaptasi Komik Grendel Menjadi Sebuah Serial Televisi

Ini adalah kisah menarik yang diadaptasi dengan hati-hati dan ditampilkan dengan keyakinan. Secara bersama-sama, kedua bagian tersebut tidak hanya menjadi salah satu film animasi Batman terbaik, tetapi juga salah satu film Batman terbaik, titik.

Batman: The Long Halloween, Part Two dapat disaksikan secara on demand di sini. Begitu juga dengan film babak pertamanya, yang paket DVD, Bluray, dan Bluray Steelbook nya sudah dirilis. Sementara, untuk versi rilisan fisik digitalnya, Part Two rencananya akan dirilis luas pada tanggal 10 Agustus 2021.