Bagaimana The Conjuring Universe Saling Terhubung

185

Ketika berbicara tentang franchise horor yang saling berhubungan, contoh modern terbaik dari upaya sukses tersebut adalah The Conjuring Universe. Dimulai dengan The Conjuring karya James Wan, franchise ini dimulai dengan pengenalan mengerikan tentang investigasi paranormal Ed dan Lorraine Warren. Namun, ketika waralaba berlanjut, menjadi jelas bahwa kengerian dalam tujuh film yang dirilis jauh melampaui pengalaman pasangan Warren. Faktanya, alih-alih setiap film menggunakan godaan terang-terangan ke entri berikutnya, The Conjuring Universe lebih condong ke koneksi halus yang mungkin dilewatkan oleh penonton rata-rata pada tontonan pertama.

Secara kronologis, koneksi dimulai dengan The Nun 2018. Film ini berlatar awal tahun 50-an. Itu berputar di sekitar biara, yang setelah pemboman selama Perang Dunia II, membuka kembali portal ke neraka yang awalnya dibuat berabad-abad sebelumnya. Melalui portal itu muncul iblis Valak, sebuah entitas yang dikenal sebagai The Defiler dan penyiksa bagi para biarawati di biara. Sepanjang film, Valak berusaha membunuh para biarawati di biara dan merasuki setidaknya satu orang untuk melarikan diri dari temboknya. Pada akhirnya, diyakini akan dikalahkan tetapi sebenarnya berada di dalam diri seorang pria bernama Maurice, tokoh yang sempat disinggung sekilas di The Conjuring.

 

 

Maju cepat beberapa tahun, dan universe ini semakin berkembang dengan prakisah 2017, Annabelle: Creation. Film ini memperkenalkan keluarga Mullin, yang setelah kehilangan putri mereka Annabelle dalam kecelakaan mobil yang tragis, mempertaruhkan segalanya untuk bersamanya lagi. Ayahnya, seorang pembuat boneka profesional, membuat boneka yang terlihat persis seperti Annabelle untuk digunakan dalam upaya terakhir untuk melihat anak mereka lagi. Membuka saluran ke dunia roh, pasangan itu memberi izin kepada Annabelle untuk memasuki boneka itu dan bersama mereka. Tetapi tanpa sepengetahuan mereka, mereka berbicara dengan iblis, bukan anak mereka yang telah lama hilang.

Baca Juga:  Henry Cavill Ungkap Teaser Baru The Witcher Season 2

Keluarga Mullin membuka rumah mereka untuk beberapa gadis yatim piatu dan seorang biarawati bernama Sister Charlotte untuk menebus dosa-dosa mereka. Namun, mereka masih menyimpan boneka Annabelle yang kerasukan setan di lemari yang dikelilingi oleh halaman-halaman dari Alkitab. Tak lama kemudian, hubungan supranatural mulai muncul, termasuk penampilan singkat Valak, baik secara fisik maupun dalam foto yang diambil Suster Charlotte dengan para biarawati lain saat berada di Rumania. Akhirnya, Annabelle ditemukan oleh seorang gadis muda bernama Janice. Di akhir film, Janice dirasuki iblis. Setelah pembantaian berdarah di rumah, ia mengubah namanya menjadi Annabelle dan diadopsi menjadi rumah baru bersama keluarga Higgins. Bertahun-tahun kemudian, orang tua yang sama menjadi korban iblis dalam pembunuhan-bunuh diri brutal yang dikisahkan dalam Annabelle (2014).

 

 

 

Sejajar dengan akhir prakisahnya, Annabelle  menunjukkan pembunuhan Higgins dari sudut pandang tetangga mereka, keluarga Form. Saat suami Mia Form, John, menyelidiki gangguan tersebut, Janice yang kerasukan menyerang Mia di rumah mereka dengan kekasih sekte pemujaannya. Penyerang dibunuh oleh polisi, saat Janice menggorok lehernya dan mengambil boneka Annabelle yang dibeli John untuk bayi mereka yang baru lahir. Saat setetes darahnya mengenai pipi boneka itu, iblis itu memindahkan dirinya ke boneka Annabelle lain dengan maksud untuk menemukan inang baru. Dibandingkan dengan film lain di alam semesta, Annabelle memiliki sedikit koneksi ke dunia yang lebih besar. Easter egg terbesar di film itu adalah Pastor Perez, seorang pendeta yang juga terlihat di film The Curse of La Llorona. Film berakhir dengan setan dan boneka itu menghilang dan kemudian dibeli oleh seorang gadis muda di toko suvenir.

Baca Juga:  Akhirnya Judul Resmi untuk Aquaman 2 Terkuak!

Annabelle terlihat kembali setelah baru-baru ini dikoleksi oleh pasangan Warren dalam film Annabelle Comes Home 2019. Film ini berlangsung sebelum The Conjuring  dan menampilkan kemampuan psikis yang muncul dari putri Warren, Judy, yang juga terwujud dalam The Conjuring 2.  Pastor Gordon dari film pertama juga muncul saat mereka mengunci boneka itu di dalam tasnya. The Conjuring menghadirkan keterkaitan sempurna saat film tersebut memperkenalkan pasangan Warren yang berceramah di sebuah perguruan tinggi tentang eksorsisme. Dalam salah satu rekaman eksorsisme mereka, terungkap bahwa mereka sebenarnya berhadapan dengan Valak, yang masih menggunakan tubuh Maurice beberapa dekade kemudian.

The Conjuring 2 berfungsi sebagai upaya terakhir Valak untuk menyiksa pasangan Warren dan juga koneksi terbesar film di The Conjuring Universe. Bahaya entitas ini dikupas perlahan di sepanjang film dan memanfaatkan penglihatan yang membuat Lorraine trauma selama eksorsisme Maurice. Meskipun mereka akhirnya mengalahkan makhluk itu, itu adalah kesimpulan sempurna untuk pertempuran yang terbentuk beberapa dekade sebelumnya di The Nun. The Conjuring Universe terhubung dengan franchise sukses lainnya seperti DC Extended Universe. Dari harta benda hingga boneka pembunuh, franchise ini telah mengambil beberapa kiasan horor terbaik dan menggunakannya untuk menciptakan dunia horor, tidak seperti apa pun yang pernah dilihat. Dengan lebih banyak film dalam perencaaan pembuatan, kemungkinan akan ada lebih banyak koneksi yang dibuat.

 

Berikut ini daftar lengkap sejauh ini The Conjuring Universe secara garis timeline di filmnya.

Baca Juga:  Fast Furious 9 review, saat Toretto kembali memberikan kejutan



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.