Baca Ini Dulu Sebelum Nonton Dune Versi Baru Pas 13 Oktober

392

Dune adalah salah satu novel yang paling dicintai di dunia, tetapi juga salah satu proyek yang paling dikutuk dalam hal adaptasi live-action. Namun demikian, versi baru dari Dune akhirnya akan segera rilis di bioskop tanah air. Berkenaan dengan hal itulah, berikut inilah semua yang kami ketahui sejauh ini tentang Dune versi baru. Dan untuk memulai, kami juga menyertakan sinopsis resmi film:

“[Dune adalah] perjalanan pahlawan mistis dan emosional, yang menceritakan kisah Paul Atreides, seorang pemuda yang brilian dan berbakat yang lahir dalam takdir besar di luar pemahamannya, yang harus melakukan perjalanan ke planet paling berbahaya di alam semesta untuk memastikan masa depan keluarga dan rakyatnya. Saat kekuatan jahat meledak menjadi konflik atas pasokan eksklusif planet ini dari sumber daya paling berharga yang ada — komoditas yang mampu membuka potensi terbesar umat manusia — hanya mereka yang dapat menaklukkan ketakutan mereka yang akan bertahan.”

 

Tentang apa Dune?

Dune oleh mendiang Frank Herbert mungkin adalah novel fiksi ilmiah paling penting dan berpengaruh yang pernah ditulis. Novel 1965 diatur di masa depan yang jauh, di mana rumah bangsawan terpilih dari planet yang berbeda berutang kesetiaan mereka kepada Kaisar yang kuat. Dune berpusat pada seorang pemuda bernama Paul Atreides, yang keluarganya mengambil alih pengelolaan planet gurun Arrakis , juga dikenal sebagai Dune. Arrakis adalah satu-satunya sumber rempah-rempah melange, zat paling penting dan berharga di alam semesta, yang memungkinkan perjalanan hyperspace, di antara banyak hal lainnya. Dune adalah kisah yang sangat kompleks dan luas yang melibatkan politik, agama, rumah bangsawan yang bermusuhan, cinta, dan pengkhianatan.

Baca Juga:  Ini dia konten terbaru dari Disney+ Hotstar Asia Pasifik

Kisah adaptasi Dune sebelumnya

Buku aslinya tetap menjadi novel fiksi ilmiah terlaris di dunia, dan melahirkan lima sekuel lagi dari penulis aslinya. Pengaruhnya sangat luas; konsep dari Dune ada di seluruh saga Star Wars, misalnya. Argumen juga dapat dibuat bahwa Game of Thrones adalah versi fantasi Dune, dengan rumah bangsawan yang berselisih dan sosok mesias utamanya. Tapi, nasib Dune sendiri sebagai IP live-action, sejauh ini, sebagian besar merupakan serangkaian kekecewaan.

Pembuat film terkenal Chili Alejandro Jodorowsky berusaha untuk membuat produksi Dune yang mewah di awal tahun 70-an, yang sedianya melibatkan partisipasi dari artis seperti HR Giger. Orson Welles dan Salvador Dali setuju untuk membintangi, dan Pink Floyd bahkan akan mengisi soundtrack. Proyek Dune Alejandro Jodorowsky memiliki visi yang akhirnya menjadi terlalu besar untuk sebuah Hollywood di mana sci-fi masih dianggap sebagai genre yang berisiko dan tidak menguntungkan. Pada tahun 2014, sebuah film dokumenter menakjubkan berjudul Jodorowsky’s Dune, yang merinci film yang tidak pernah ada, dirilis dengan pujian besar.

Setelah upaya dimulai dan kemudian ditinggalkan oleh Ridley Scott, sutradara surealis David Lynch disewa oleh produser Dino De Laurentiis untuk memimpin adaptasi di awal tahun 80-an. Penulis Frank Herbert menyukai produk jadi, tetapi kritikus mencerca film tersebut setelah dirilis pada tahun 1984, dan film tersebut gagal.

Dune menerima adaptasi baru pada tahun 2000, kali ini untuk TV. Syfy Channel (saat itu dikenal sebagai Sci-Fi Channel) memproduksi enam bagian mini-seri yang disebut Frank Herbert’s Dune, yang merupakan kesuksesan peringkat yang cukup besar sehingga melahirkan mini-seri sekuel yang menggabungkan elemen novel kedua dan ketiga Herbert. Peringkatnya membuktikan ada penonton untuk properti ini, dan dalam beberapa tahun terakhir, ada upaya lebih lanjut untuk menghidupkannya kembali di layar lebar.

Baca Juga:  Teaser Perdana The Flash Ungkap Kehadiran Batman Versi Michael Keaton

Siapa yang membuat Dune versi baru?

Pada November 2016, sutradara terkenal Denis Villeneuve mengumumkan bahwa Dune akan menjadi proyek lanjutannya untuk Blade Runner 2049. Penulis skenario Eric Roth dan Jon Spaihts mengambil naskahnya, berdasarkan novel klasik tahun 1965 karya Herbert. Putra Herbert, Brian Herbert, yang telah menulis sendiri beberapa sekuel Dune, juga merupakan produser eksekutif. Penulis sci-fi Kevin J. Anderson juga menjabat sebagai konsultan kreatif. Greig Fraser dari Rogue One adalah sutradara fotografi dalam film tersebut, dengan komposer pemenang Oscar Hans Zimmer menciptakan skor film tersebut. Villeneuve juga kembali bekerja sama dengan beberapa kolaborator Blade Runner 2049, termasuk editor Joe Walker dan pengawas efek visual Paul Lambert dan Gerd Nefze. Desainer kostum Jacqueline West dan Bob Morgan juga menandatangani, seperti yang dilakukan desainer produksi Patrice Vermette. Pengambilan gambar utama di Dune dimulai pada 18 Maret 2019.

Akankah ini menjadi satu atau dua film?

Denis Villeneuve mengkonfirmasi kepada Vanity Fair bahwa ya, Dune akan dibagi menjadi dua film. Villeneuve berkata, “Saya tidak setuju untuk membuat adaptasi buku ini dengan satu film. Dunia ini terlalu kompleks. Ini adalah dunia yang mengambil kekuatannya secara detail.” Dan jika itu sukses, setelah itu, ada lima buku lain dalam saga (dan itu bahkan tidak termasuk sekuel dari Brian Herbert).

 

Siapa yang membintangi Dune?

Timothée Chalamet sebagai Paul Atreides

Dave Bautista sebagai Glossu Rabban Harkonnen

Oscar Isaac sebagai Duke Leto Atreides

Stellan Skarsgård sebagai Baron Vladimir Harkon

Rebecca Ferguson sebagai Lady Jessica

Javier Bardem sebagai Stilgar Ben Fifrawi

Zendaya sebagai Chani

Jason Momoa sebagai Duncan Idaho

Baca Juga:  Review Film The Chaser (Asian Movie Recommendation)

Charlotte Rampling sebagai Gaius Helen Mohiam

Josh Brolin sebagai Gurney Halleck

 

Dune versi baru dijadwalkan rilis di bioskop tanah air pada tanggal 13 Oktober 2021