Kiprah Miles Film di Indonesia

349

Sebentar lagi, salah satu rumah produksi film asal Indonesia Miles Films (Miles Productions) akan segera meluncurkan film terbaru mereka yang berjudul Bebas. Melalui film tersebut, Rumah produksi film yang dimotori oleh Mira Lesmana dan Riri Riza ini total sudah menelurkan film untuk ke-21 kalinya. Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang Rumah Produksi yang menjadi pelopor kebangkitan perfilman Nasional ini.

Pencetak film-film berkualitas di Indonesia

Sulit rasanya menemukan masyarakat Indonesia pada umumnya yang tidak mengetahui film-film seperti Ada Apa Dengan Cinta (2002), Petualangan Sherina (2000), hingga Laskar Pelangi (2008) yang mendulang kesuksesan besar. Bahkan, film-film tersebut digadang-gadang sebagai film-film terbaik sepanjang sejarah perfilman nasional dan di antaranya menjadi ikon kebangkitan sinema Indonesia.

Dibalik kesuksesan dari film-film tersebut tentunya tidak lepas dari kehebatan rumah produksinya, yakni Miles Films. Terdapat peran besar Mira Lesmana dan Riri Riza pentolan rumah produksi Miles Films yang memang terkenal ahli dalam menciptakan film-film ikonik di Nusantara.

Langganan film laris manis

Bukan rahasia lagi bila tangan dingin Mira Lesmana selalu menghasilkan film dengan kualitas wahid. Ciri khasnya yang dapat membaca isi pikiran audiens menjadikan film-filmnya selalu laris ditonton di bioskop Indonesia. Sebut saja empat film tersukses hasil karya Mira Lesmana dan kawan kawan seperti Ada Apa Dengan Cinta, Petualangan Sherina, Laskar Pelangi, dan Sang Pemimpi yang masing-masing tembus lebih dari sejuta penonton saat dirilis.

Terbiasa membuat film secara otentik

Jika melihat daftar film-film produksi Miles Films, kebanyakan film-filmnya merupakan film yang memiliki kisah otentik, yakni asli hasil karya sendiri. Skenario yang dibuat hampir seluruhnya muncul dari ide-ide para kru pembuat film. Jikalau ada, itupun biasanya kisah biografi seorang tokoh (Gie) atau adaptasi novel (Laskar Pelangi).  Hanya film terbarunya yakni Bebas yang sebentar lagi tayang yang merupakan film yang diadaptasi dari film lain, yakni film asal Korea berjudul Sunny (2011).

Baca Juga:  Tiga Kostum Spidey di Tampilkan dalam Banner Baru Far from Home

Salah satu yang tersukses adalah Ada Apa Dengan Cinta. Kerja sama apik antara Mira Lesmana, Riri Riza, dan sutradara berbakat Rudi Soedjarwo beserta kru-kru yang luar biasa berhasil menghasilkan film yang menjadi ikon kebangkitan perfilman Indonesia yang sempat mundur pada masa Orde Baru. Jalan cerita yang diciptakan pun murni hasil pemikiran para kru, hal ini dapat dilihat pada film dokumenter di Youtube berjudul “Di Balik Tabir Ada Apa Dengan Cinta” yang mengisahkan bagaimana film ini dibuat.

Indonesian Award-winning film production company

Hampir seluruh film-film produksi Miles Films selalu membuahkan hasil memuaskan, yakni bertabur penghargaan. Dalam setiap ajang penghargaan film baik Nasional maupun Internasional, nama Miles Films selalu muncul baik sebagai nominasi maupun sebagai pemenang.

Tak hanya itu, setiap aktor dan aktris yang bermain dalam film produksi Miles Films acap kali berpeluang besar untuk memperoleh penghargaan. Sebut saja Dian Sastrowardoyo yang menjadi pemenang aktris terbaik Festival Film Indonesia (FFI). Atau film Gie (2005) yang memenangkan Piala Citra. Film ini diperankan Nicholas Saputra yang sebelumnya juga ambil peran di Ada Apa Dengan Cinta dan masuk Nominasi Aktor Terbaik pada FFI sebelumnya.

*Kontributor: Andy




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.