Anime Mecha Layak Diadaptasi Film Live Action

1188

Di antara kalangan penyuka anime, genre mecha yang merupakan subgenre yang berfokuskan pada sosok-sosok robot raksasa merupakan salah satu yang paling populer. Punya daya tarik tinggi dan bahkan sudah terbukti pengaruhnya dalam film Hollywood seperti Pacific Rim dan Transformers sangat signifikan dan mampu menyedot banyak penonton. Dengan kepastian diadaptasinya Voltes V ke format layar lebar live action, berikut ini deretan judul anime mecha lainnya yang juga layak mendapat kans besar mengikuti jejaknya.

 

Mobile Suit Gundam Wing

Tidak diragukan lagi Gundam adalah salah satu franchise anime mecha yang paling populer hingga saat ini. Dengan hingga saat ini sudah berkembang hingga tidak kurang 18 serial TV hasil reinkarnasinya, dan belum lagi beberapa film OVA (Original Version Anime-red) yang sudah rilis, franchise ini memiliki materi kaya yang sangat menarik untuk dihidupkan. Namun, di antara semua kisah Gundam, yang paling layak adalah seri keenamnya, Mobile Suit Gundam Wing yang ceritanya mengisahkan misi para pilot robot raksasa Gundam dari koloni Bumi yang berjuang demi kebebasan dari agresi militer pihak Alliance. Tema politik dan formula konflik kisah yang dekat dengan dunia nyata adalah nilai lebih dan komersial yang dimiliki seri Gundam ini.

 

Gaiking

Kisahnya berfokus pada perang antara kru dari pesawat pengangkut raksasa Daiku Maryu beserta robot raksasa super Gaiking yang diciptakan oleh seorang ilmuwan brilian dalam melawan invasi alien dari planet Zela yang disebut sebagai the Dark Horror Army yang tengah berupaya mencari hunian baru karena planet dan populasi mereka terancam punah. Meski tema kisahnya tidak jauh berbeda dengan banyak kisah anime mecha lainnya, sejatinya, Gaiking punya kans paling besar diadaptasi ke ranah live action. Karena, perlu diinformasikan sebelumnya, pada tahun 2012 dikabarkan bahwa pihak Toei dan Valhalla Entertainment produser serial Walking Dead berencana membuat film live actionnya, bahkan teaser trailernya pun sempat dirilis, namun hingga saat ini belum ada kabar perkembangan lanjutannya.

Baca Juga:  Buat kalian yang kangen Loki, mampir sini dulu

 

Full Metal Panic!

Serial ini sejatinya tidak asing dengan penonton tanah air, karena pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. Serial yang diangkat dari light novel ini mengisahkan tentang sepak terjang seorang agen organisasi militer dalam menjaga keselamatan seorang siswi SMA yang tidak sadar memiliki kemampuan istimewa. Daya tarik kisah ini adalah perpaduan aksi militer dan kisah romansa remaja. Seperti halnya Gaiking, di tahun 2009 sempat dikabarkan upaya pengadaptasian live action kisah ini oleh studio Mandalay yang melibatkan nama Zac Efron sebagai pemeran aktor utamanya. Sayangnya, hal ini sampai sekarang belum terealisasi, dan Efron sendiri mengonfirmasi bahwa pengadaptasian ini sangat sulit terjadi.

 

Sakura Wars

Sama halnya dengan judul sebelumnya, Sakura Wars juga pernah ditayangkan di tanah air. Serial ini berkisah dalam setting Tokyo di tahun 1926, saat tenaga uap menjadi sumber utama energi kota. Fokusnya adalah Flower Division, unit tempur pihak Imperial Combat Revue yang terdiri dari para gadis muda istimewa anggota sebuah teater dalam menjaga Tokyo dari serangan invasi, dengan menggunakan mecha-mecha bertenaga uap. Sakura Wars mempunyai daya tarik dari karakter penokohannya yang unik dan beragam serta setting masa dan tema steampunk yang jarang dijimpai di anime mecha lainnya.

 

Neon Genesis Evangelion

 

Di antara seluruh judul anime mecha yang ada, inilah yang rasanya yang paling diinginkan banyak kalangan kehadiran adaptasi live actionnya. Produksi studio Gainax dan kreator Hideaki Anno ini sejatinya dari segi premis kisahnya tidak jauh beda dengan formula stereotipe anime mecha lainnya, namun, Evangelion yang saat dirilis pertama kali langsung menjadi favorit di negerinya, karena sajiannya diakui pas dengan refleksi kondisi yang tengah terjadi di sana. Belum lagi memberikan pengaruh yang sangat besar pada perkembangan kisah anime mecha kontemporer lainnya. Temanya yang dalam dan referensinya yang luar biasa juga membuat audiens global banyak yang jatuh hati.

Baca Juga:  4 musisi ini rayakan Hari Anak Nasional dengan bernyanyi bersama

 

Voltron

Voltron berkisah tentang satu tim yang terdiri dari lima penjelajah luar angkasa yang menjadi pilot super robot raksasa yang dikenal sebagai Voltron. Berbeda dengan anime-anime mecha lainnya di sini, kisah animasi Voltron adalah serial animasi Amerika yang diadaptasi dari serial anime jepang milik Toei animation. Dikarenakan kesuksesannya, serial yang pertama kali tayang di tahun 1985 ini berkembang menjadi franchise serial yang sukses, dan hak pembuatan film live actionnya menjadi rebutan banyak studio di Hollywood, dan bisa dibilang tinggal menunggu waktu saja untuk kehadiran film live actionnya. Sementara itu, versi animasi paling gres dari kisah Voltron, yakni Voltron: Legendary Defender yang tayang di Netflix, menuai sambutan yang sangat positif, makin menambah besar kans untuk dapat melihat versi hidup dari saga ini.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.