Adèle Haenel Keluar dari César Film Awards Setelah Roman Polanski Memenangkan Penghargaan

1468

Adèle Haenel, aktris pemain film fenomenal, “Portrait of a Lady on Fire” keluar dari perhelatan César Film Awards sebagai aksi protes setelah Roman Polanski memenangkan penghargaan sutradara terbaik untuk filmnya “J’accuse.”

“Bravo, pedofilia,” teriak Haenel di lobi setelah meninggalkan teater. Sutradara “Portrait of a Lady on Fire” Celine Sciamma juga keluar.

Polanski ditangkap pada tahun 1977. Ia didakwa memperkosa dan membius seorang gadis berusia 13 tahun. Polanski kemudian menerima sebuah kesepakatan di mana ia mengaku bersalah atas tuduhan hubungan seksual yang melanggar hukum, dan menjalani 42 hari evaluasi psikiatris yang diperintahkan pengadilan untuk menentukan hukumannya. Dia melarikan diri dari AS pada tahun 1978 tanpa muncul kembali di pengadilan dan sejak itu para pendukungnya menyatakan bahwa hakim bermaksud untuk memenjarakannya dan kemudian dideportasi.

Sejak itu Polanski menghadapai rentetan tudingan pemerkosaan oleh wanita lain, termasuk yang mengatakan bahwa dia baru berusia 15 tahun pada saat itu.

Haenel, pada bulan November, mengajukan tuntutan pelecehan seksual terhadap Christophe Ruggia, menuduh sutradara itu melecehkannya ketika dia berusia 12 tahun saat syuting film “The Devils.” (2002). Pelecehan itu yang melibatkan “ciuman paksa” itu berlanjut sampai ia berusia 15 tahun, katanya kepada jurnal investigasi Mediapart.

Tak lama setelah penerbitan artikel Mediapart, kantor kejaksaan Paris membuka penyelidikan awal “agresi seksual pada anak di bawah umur yang dilakukan oleh seseorang yang berwenang,” menurut CNN. Ruggia juga dikeluarkan dari film Société des réalisateurs de, asosiasi sutradara Prancis yang menyatakan dukungannya untuk Haenel.

Awalnya Haenel mengatakan dia tidak berencana untuk mengajukan keluhan resmi karena khawatir tentang bagaimana pihak berwenang Prancis akan menangani kasus ini, tetapi Haenel terdorong untuk mengajukan tuduhan setelah menonton “Leaving Neverland,” film dokumenter tentang Michael Jackson dan dugaan pelecehan terhadap anak laki-laki.

Baca Juga:  Figur Penting Kepopuleran Saga Ghostbusters

“Sekarang setelah pengadilan membuka penyelidikan, saya tidak akan menyembunyikan fakta bahwa saya akan melakukan segala daya untuk melihat proses ini sampai akhir. Apa yang saya harapkan saat ini secara pribadi adalah dukungan dan kompensasi dari sistem peradilan, ”kata Haenel dalam sebuah pernyataan melalui terjemahan.

Sebelum Haenel bahkan berjalan keluar dari Salle Pleyel di mana penghargaan Cesar diadakan, para pengunjuk rasa berbaris di jalan-jalan di luar, memprotes nominasi untuk film Roman Polanski.

Polanski memenangkan dua penghargaan Cesar, satu untuk sutradara terbaik dan satu lagi untuk adaptasi skenario yang ia bagi dengan rekan penulisnya Robert Harris.

Meskipun “Portrait of a Lady on Fire” adalah salah satu film Prancis paling terkenal tahun ini dan masuk ke upacara Cesar dengan 10 nominasi, ia hanya memenangkan satu penghargaan, untuk sinematografi. Segera sebelum Polanski memenangkan penghargaan penyutradaraan, yang juga dinominasikan Sciamma, Haenel dan lawan mainnya Noemie Merlant sama-sama kalah dalam kategori aktris terbaik oleh Anais Demoustier (“Alice and the Mayor”).




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.