Adegan-Adegan Aksi Ikonik dalam Film

839

Salah satu daya tarik film, terutama yang bergenre aksi tidak lain adalah adegan aksi yang tidak biasa. Berikut ini deretan adegan-adegan aksi ikonik yang tidak hanya berhasil memukau penontonnya, namun juga kemudian menjadi adegan aksi memukau yang menginspirasi dan membawa pengaruh besar dalam perkembangan teknik adegan aksi banyak film di masa depan.

The Bride vs The Crazy 88s Gang from Kill Bill Vol.1 (2000)

Quentin Tarantino memang sineas jempolan. Tidak hanya piawai menyajikan film dengan plot cerita yangberkualitas, namun ia juga mampu memberikan adegan aksi ikonik yang memukau sekaligus artistik, seperti yang ditunjukkannya dalam salah satu adegan di film ini. Memadukan berbagai referensi dari film-film silat klasik, balutan musik energik, dan beragam teknik perfilman dari film hitam putih hingga ke siluet berwarna, yang ditunjang dengan penampilan meyakinkan Uma Thurman sebagai seorang jago pedang, hasilnya adalah a fight scene so COOL and intense that would blow your mind.

The Hanging Scene from Mission: Impossible (1996)

Tidak salah rasanya kalau Tom Cruise didaulat sebagai salah satu aktor paling terkemuka di jagat Hollywood. Hal ini dikarenakan selain memiliki etos kerja yang tinggi, ia juga tidak segan-segan mengeksplor batas kemampuan fisiknya untuk terus mengundang decak kagum penonton, seperti yang ditampilkannya saat pertama kali memerani agen Ethan Hunt. Dalam sebuah adegan yang kemudian menjelma menjadi salah satu adegan aksi ikonik dalam sejarah perfilman, Tom memperlihatkan kontrol tubuh mendekati sempurna, saat ia berusaha menjaga keseimbangan agar dirinya tidak menyentuh permukaan ruangan yang dalam kisahnya memiliki sistem pengamanan sensor suhu tubuh yang sangat sensitif.

The Lasers Exercise Scene from Entrapment (1999)

Diceritakan karakternya harus bisa meyakinkan bahwa dirinya adalah seorang pencuri profesional pada tokoh pencuri ulung yang dimainkan Sean Connery, Catherine Zeta- Jones memperlihatkan kelenturan tubuhnya yang luar biasa dalam sebuah adegannya.  Sang aktris dalam balutan celana ketat berbahan spandeks meliuk-liukkan tubuhnya untuk menghindari benang-benang yang digantungi lonceng-lonceng kecil di ajang simulasi latihan guna menghindari sensor laser yang mengelilingi letak penyimpanan target pencurian di lokasi sesungguhnya. Yang membuat adegan aksi ikonik ini istimewa adalah dikarenakan tidak ada efek atau tipuan kamera sama sekali, dan bahkan tanpa pemain pengganti.

Baca Juga:  Nicolas Cage, Tony Jaa dan Alain Moussi Bertarung dengan Alien di Trailer Jiu Jitsu

Nightcrawler Opening Scene from X2 (2003)

Film sekuel X-Men, X2 dibuka dengan adegan Nightcrawler melakukan serangan mendadak di Gedung Putih. Walaupun terbukti efektif, kemampuan istimewa Nightcrawler berteleport tidak pernah terasa fatal di komiknya, jika dibandingkan dengan kemampuan khusus para mutan lainnya. Namun, koreografi apik adegan serangan yang disajikan Bryan Singer di sini mengubah paradigma tersebut. Adegan aksi ikonik itu menjadikan Nightcrawler tidak hanya menjadi sosok mutan dengan kemampuan sangat fatal, namun juga secara keseluruhan menjadikan sumber inspirasi banyak adegan aksi hebat di film lainnya yang meminjam konsep untuk melakukan beberapa scene di adegan pertarungannya secara  off camera untuk menambah tensi ketegangan.

The Bullet Scene from The Matrix (1999)

Salah satu adegan aksi paling fenomenal dalam sejarah sinema. Begitulah umumnya sanjungan yang diberikan pada salah satu adegan aksi ikonik dari The Matrix ini. Adegan yang memperlihatkan Neo melakukan gerakan akrobatik menghindari terjangan peluru-peluru yang ditembakkan ke arahnya ini disyut menggunakan teknik gabungan slow-motion dan spinning cameras. Pasca The Matrix memperkenalkan adegan aksi ikonik ini, banyak film yang kemudian menggunakan teknik yang sama ataupun menghadirkan versi parodinya seperti dapat dilihat di Deuce Bigalow: Male Gigolo (1999), Scary Movie (2000), Shrek (2001), maupun Kung Pow! Enter the Fist (2002).




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.