8 Dokumenter Seni Bagi Anda yang Belum Bisa Mengunjungi Galeri

384

Barangkali Anda ingin mencari inspirasi untuk menciptakan suatu karya seni, atau sekedar hanya ingin mempelajari sejarah dengan cara yang lebih menarik, klop! sekaranglah saatnya untuk nonton film dokumenter seni.

Film-film dokumenter terbaik tentang kehidupan dan proses kreatif para seniman terkemuka akan memberi Anda lebih dari sekadar presentasi PowerPoint portofolio seniman, alih-alih Anda dibiarkan masuk ke studio dan rumah mereka, mewawancarai teman dan musuh mereka, dan mengeruk sebanyak mungkin rekaman lama dan baru, menggali sejarah dan konteks artis dan bagaimana hal itu mempengaruhi pekerjaan mereka.

  1. Kusama – Infinity

Salah satu artis dunia yang paling mudah dikenali, berpengaruh, dan sukses . Yayoi Kusama tidak memiliki jalan yang mudah menuju ketenaran. Seniman Jepang yang terkenal karena Infinity Mirror Room-nya, instalasi-instalasi polkadot, dan karya-karyanya yang obsesif dan berulang-ulang, Kusama berbagi perhatian pers dengan Andy Warhol selama tahun 60-an di Amerika, dan bekerja melalui masa seksisme dan rasisme di dunia seni.

Film dokumenter ini membahas kehidupan artis mulai dari pendidikan Jepangnya yang keras dan konservatif hingga kepindahannya ke AS pasca Perang Dunia II, melalui kesuksesan karier, perjuangannya melawan penyakit mental, hingga waktu yang dihabiskannya tinggal di lembaga kejiwaan di Tokyo.

  1. Boom for Real

Sebelum Anda menonton film dokumenter Jean-Michel Basquiat, The Radiant Child, tengoklah masa-masa muda dan formatif dari artis New York ini dalam film dokumenter Sara Driver, Boom for Real.

Alih-alih melihat tahun-tahun seniman New York yang singkat, film dokumenter ini melihat dengan tepat pada pengaruh zamannya ketika seorang pemuda 18 tahun mencari nafkah bertemu dan bergerak dengan kerumunan seniman di Lower East Side of Manhattan di tahun akhir 70-an. Keterlibatan semata adegan dalam perkembangan awal Basquiat sebagai seorang seniman dibeberkan, dengan banyak cuplikan dan foto-foto tua yang mengagumkan untuk digali, dan wawancara yang menarik dengan teman-teman dekat, teman satu flat, dan sezaman termasuk Kenny Scarf, Fab 5 Freddy, dan Jim Jarmusch.

  1. Faces Places

Persahabatan antara dua seniman adalah inti darifilm dokumenter Faces Places. Dinominasikan Academy Award untuk film dokumenter terbaik, Faces Places mengisahkan mengenai proyek berskala besar yang diluncurkan di pedesaan Prancis yang dirumuskan oleh sutradara agung, almarhum Agnès Varda dan muralis / fotografer JR. Karya-karya seni itu sendiri adalah potret yang menakjubkan dari orang-orang yang mereka temui, mengubah dan menghormati lokasi instalasi, tetapi keindahan sebenarnya dari film ini ada pada persahabatan antara dua seniman.

  1. Marina Abramović — The Artist Is Present

Selama 736 berjam-jam, Abramovic duduk berhadapan dari setiap peserta, tidak mengucapkan sepatah kata pun. Marina Abramović melakukan hal ini selama berjam-jam dalam penampilan ikoniknya di Museum Seni Modern New York. The Artist Is Present adalah karya yang biasanya memicu perdebatan sengit, namun tetap merupakan salah satu yang mengubah seni pertunjukan selamanya.

  1. Cutie and the Boxer

Film dokumenter karya sutradara Zachary Heinzerling membawa Anda ke dalam studio, dan rumah tanga pernikahan selama 40 tahun seniman Jepang Norika Shinohara dan Ushio Shinohara. Cutie and The Boxer melihat kemitraan antara pasangan, dan betapa rumitnya pernikahan, terutama dalam hal mendukung karier masing-masing. Dikenal karena lukisan tinjunya, kesuksesan Ushio datang dengan dukungan Noriko, seorang seniman multidisiplin dan seorang wanita yang menempatkan karirnya sendiri pada jeda sementara suaminya melonjak. Film ini menampilkan karya seni baru yang dibuat di depan mata Anda – benar-benar sangat memuaskan untuk menonton Ushio memukul keluar dari kanvas dengan sarung tinju “kuas”, dengan cat yang berceceran di mana-mana – dan animasi menghidupkan kembali karya Norika.

  1. Sky Ladder: The Art of Cai Guo-Qiang

Seniman China berbasis di New York ini mengkhususkan diri dalam seni berbasis acara menggunakan piroteknik dan bubuk mesiu … yang merupakan cara mutlak untuk mengatakan bahwa ia benar-benar terlibat dalam ledakan. Film dokumenter ini membahas beberapa karya seniman paling menonjol hingga saat ini, terutama proyek Black Rainbow-nya, tetapi benar-benar berfokus pada salah satu proyek pribadinya yang paling ambisius: Tangga Langit, tangga api setinggi 1.650 kaki yang memanjat ke surga di atas kota asal artis. Ini sangat emosional dan bukti nyata untuk penciptaan sesuatu yang indah … ya, melalui ledakan.

  1. Exit Through the Gift Shop

Film ini menceritakan artis jalanan Banksy yang sulit dipahami, Anda mungkin saja pernah mendengarnya. Lucu, aneh, dan benar-benar nyata, Exit Through the Gift Shop menampilkan jejak rekam Thierry Guetta a.k.a. Mr. Brainwash, seorang imigran Prancis, penjaga toko, dan seniman yang tinggal di Los Angeles dan selalu menenteng kameranya. Antusiasme Guetta pada seni jalanan dan selebriti menuntunnya melalui serangkaian pertemuan dengan nama-nama terbesar: Invader, Shepard Fairey, Swoon, Neck Face, dan Banksy sendiri. Dan dari karya Banksy, Anda dapat melihat beberapa kesenangan nyata. Meskipun ada spekulasi bahwa film ini palsu, siapa yang benar-benar peduli?

  1. Laerte-se

Film dokumenter Lygia Barbosa dan Eliane Brum tentang kartunis Brazil, Laerte Coutinho. Bersamaan dengan animasi yang menghidupkan komiknya, Laerte melakukan banyak percakapan terbuka di sofa, di sekitar meja makan, mengenai menjadi transgender dan pengalaman transisi, di samping diskusi yang lebih luas tentang identitas, jenis kelamin, keinginan, politik, menemukan diri sejati kita, dan hubungan kita dengan tubuh kita.

Baca Juga:  Antonio Banderas Mengungkap Dia Mengidap Coronavirus pada Ulang Tahun ke-60



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.