5 Pertanyaan dalam Star Wars: The Force Awakens yang Terjawab oleh Novel Resminya

799

Buku Star Wars The Force Awakens

Bagi kamu yang belum menonton Star Wars: The Force Awakens sebaiknya jangan membaca artikel ini karena banyak mengandung spoiler tentang isi filmnya.

Star Wars: The Force Awakens memang memiliki sejumlah pertanyaan yang belum terjawab dan menimbulkan tanda tanya seusai menonton filmnya. Beruntung, nantinya akan ada novel untuk film ini yang berjudul Star Wars: The Force Awakens karangan Alan Dean Foster. Kabar baik lainnya, buku ini berusaha menambal beberapa pertanyaan dalam filmnya yang tak dijelaskan secara gamblang.

Apakah Starkiller Base sebuah planet yang berubah menjadi senjata, atau sebaliknya?

Starkiller Base memang tak seperti planet biasanya. Ia seperti sebuah senjata raksasa yang disematkan dalam sebuah planet. Menurut novel resminya, Starkiller Base adalah sebuah planet spektakuler yang terisolasi dengan suhu permukaan yang variatif dari yang hanya sekedar dingin hingga menjadi artik permanen. Gunung dan glasier planet ini juga dirubah dari bentuk aslinya dan kemudian dinamakan Starkiller Base.

Spectacular and isolated, with a mean surface temperature varying from merely cold to permanently arctic, the planet had been altered: its mountains tunneled into, its glaciers hacked, and its valleys modified until it no longer resembled its original naturally eroded form. Those who had remade it had renamed it.
Starkiller Base.

Mengapa Starkiller Base menembak beberapa planet dalam The Force Awakens?

Salah satu pertanyaan yang juga sempat terpikir adalah penembakan planet oleh Starkiller Base yang terjadi dalam film tersebut. Tak ada penjelasan mendetail soal ini di dalam filmnya, namun dalam novel tersebut dijelaskan bahwa General Hux sempat menyatakan strateginya dalam sebuah pertemuan bersama Supreme Leader Snoke. Rencana penghancuran Republic menggunakan senjata raksasa itu kemudian disetujui oleh Snoke dengan penuh ambisi.

The redheaded officer spoke up immediately. “I do have a proposition. The weapon. We have it. It is ready. I believe the time has come to use it.”
“Against?”
“The Republic. Or what its fractious proponents choose to call the Republic. Their center of government, its entire system. In the chaos that will follow, the Resistance will have no choice but to investigate an attack of such devastating scale. They will throw all their resources into trying to discover its source. So they have no choice but to investigate fully, and in so doing…”

“Reveal themselves.”

Snoke was clearly pleased.

“And if they don’t… we’ve destroyed them.”

“Yes,” Snoke said in satisfaction. “Extreme. Audacious. I agree that the time for such measures has come. Go. Oversee the necessary preparations.”

Bagaimana Poe bisa selamat dari kecelakaan yang menimpanya?

Ini juga menjadi pertanyaan yang menggangu, meskipun sebenarnya jawabannya sangat sederhana. Selamatnya Poe dari kecelakaan pesawat yang ia tunggangi memang menjadi misteri. Dalam film tersebut pun tak dijelaskan mengapa ia bisa selamat. Menurut novelnya, Poe diselamatkan oleh pengendara speeder dengan melompat-lompat dan melambaikan tangannya setelah ia terjatuh di padang pasir.

A dark spot appeared between the dunes, expanding rapidly as it came toward him. Flat in front and bulging at the stern, the speeder was an unlovely construct, but to Poe at that moment it had lines as sweet as those of the fastest fighter in the Resistance fleet. Standing in the middle of the salt flat, he began jumping up and down and waving his arms.

Apakah Rey memiliki hubungan dengan Han dan Leia?

Banyak yang berspekulasi bahwa Rey sepertinya memiliki hubungan dengan Han atau Leia. Sosok Rey memang misterius, tapi nampaknya Rey memang tak dikenal oleh Han dan Leia. Dalam percakapan dalam novel bersama Finn, Leia mengucap kata “the girl”, Kata “the girl” yang diungkapkan ini mengindikasikan bahwa Han sudah menceritakan Rey secara jelas kepada Leia seperti mengenalkan orang baru kepadanya.

“I’m here to talk about a friend of mine who was taken prisoner during the clash on Takodana.”

She nodded understandingly. “Han told me about the girl. I’m sorry.”

Berapa lama Kylo Ren terpisah dengan Han?

Ben Solo atau Kylo Ren memang anak dari Han Solo, tapi berapa lama sebenarnya mereka terpisah? Kemungkinkan mereka terpisah antara 13 hingga 20 tahun. Dari penjelasan dalam novel, disebutkan bahwa Han tidak pernah melihat Kylo Ren sebagai seseorang yang dewasa. Itu berarti terakhir kali ia melihat Ren adalah ketika ia masih kecil.

Reaching up, he slowly removed the mask. For the first time Han saw the face of his son as a grown man — and it jolted him.


Bagaimana tanggapan kamu? Apakah dengan adanya novel ini jalan cerita Star Wars: The Force Awakens mulai tercerahkan?

Baca Juga:  IMAX Rilis Poster Seram dari Spiral: From the Book of Saw

Baca juga: Video Star Wars Theme Versi Metal