4 Resep Jitu untuk Tampil Jadi Content Creator Andal Ala GoPlay

181

Buat para content creator yang sedang cari ide baru atau kepingin tahu bagaimana cara membangun sebuah tayangan live show yang sukses, GoPlay telah merangkum empat  (4) resep jitu.

GoPlay juga akan kasih bocoran insight menarik dari para content creator andal yang sudah punya ratusan ribu hingga jutaan penonton setia. Yuk, intip sekarang!

Resep jitu

1.Konten kreatif dan nggak pasaran adalah modal dasar

Kreativitas harus jadi modal dasar setiap content creator. Konten-konten nggak harus selalu baru, tetapi kamu harus punya satu ciri khas yang bikin tampilanmu beda dari para content creator lain. Untuk dapat menarik antusiasme penonton, seorang content creator dituntut untuk harus rajin riset, selalu mengupdate diri dengan tren terbaru, dan tak kalah penting memanfaatkan momen-momen tertentu untuk menampilkan konten yang fresh.

Misalnya, manfaatkan momentum Ramadan yang kini tengah berlangsung. Konsep live show yang menghadirkan garage sale baju atau barang preloved untuk kegiatan amal (charity) bisa kamu jadikan konten menarik sehingga tidak hanya  menghibur tetapi juga mengajak penonton untuk berbagi. Lihat apa yang dilakukan oleh Ibnu Jamil, Ririn Ekawati, Adinia Wirasti, dan Dominique Sanda di GoPlay. Dari live show Fame Garage Sale mereka berhasil mengumpulkan sejumlah dana yang kemudian didonasikan untuk membantu mereka yang kurang beruntung.

Kamu bisa juga berkolaborasi dengan tokoh agama untuk membahas seputar keutamaan bulan Ramadan seperti karakter animasi Hafiz sajikan bersama dengan Ustad Solmed melalui program acara Hafiz Trivia Show pada 13 April lalu. Konten dibalut ringan dengan kuis-kuis menarik mengenai puasa untuk semua usia, sehingga tidak terbatas pada anak-anak dan orang tua. Penonton diajak menjawab kuis lewat fitur polling dan fitur chat.

  1. Libatkan penonton dan jadikan mereka bagian penting darilive show

Di tengah keterbatasan ruang gerak selama pandemi setahun terakhir ini, penonton sudah beradaptasi dalam menikmati ragam hiburan secara virtual. Namun, melibatkan penonton dan membuat  mereka menjadi bagian penting dari live show akan semakin menambah keseruan menonton sekaligus merangkul potensi penonton setia.

Baca Juga:  Final Trailer The Tomorrow War Ungkap Pertempuran Chris Pratt Lawan Para Alien Pemakan Manusia

Di GoPlay, content creator dapat memancing reaksi dan melibatkan penonton dengan banyak cara. Misalnya, tanyakan pendapat penonton melalui kolom chat, memberikan kesempatan bagi  penonton untuk merekomendasikan hal yang mereka sukai untuk dilakukan oleh performer melalui fitur polling, atau bisa juga meminta dukungan dengan meneriakkan semangat lewat fitur shout out. Uniknya, penonton juga bisa memberikan tantangan bagi content creator dengan fitur tip-0-meter.

“Saya selalu memperlakukan penonton sebagai teman baru yang bisa diajak ngobrol dan seru-seruan bareng. Ketika live show, saya berusaha mengurangi jarak sehingga dapat merasakan kedekatan dengan penonton. Caranya? Bisa lewat sapaan, request lagu untuk saya bawakan, curhat bareng, sampai dengan banyolan-banyolan ringan. Biasanya, mereka akan lebih antusias dan menunggu-nunggu live show berikutnya,” cerita virtual idol Andi Adinata.

resep jitu Andi Adinata

  1. Asah terus kemampuan untuk bawain acara live

Keseruan acara live dengan interaksi aktif secara realtime dengan penonton membutuhkan skill host yang mumpuni. Content creator yang juga bertindak sebagai host dituntut untuk terus mengasah kemampuan dalam membawakan acara serta sanggup melakukan banyak improvisasi. Jika masih belum percaya diri membawakan live show di platform streaming, jangan kuatir, banyak artis terkenal yang memulai langkah pertamanya dengan mengalami banyak kekonyolan.

  1. Terapkan jadwal tetap untuk jam streaming konten

Jangan pernah minder jika penonton acara live show kamu masih terbilang sedikit. Untuk sukses mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan penonton memang memerlukan waktu yang nggak sebentar. Tapi, dari pengamatan GoPlay lewat sejumlah content creator dan tayangan live show yang berjalan, konsistensi dalam menetapkan jadwal jam streaming konten adalah kunci penting untuk menambah jumlah penonton setia.

resep jitu Arief S Pramono

Salah satunya dialami oleh penyanyi dan pencipta lagu asal Parepare, Arief S. Pramono. Musisi lokal yang memiliki karakter suara unik dan khas dengan petikan gitar akustiknya kini memiliki program unggulan di GoPlay Live. Pada awal penampilannya sebagai content creator, Arief mengakui tidak memiliki jutaan penonton. Namun, setelah ia mulai disiplin mengatur jadwal streamingnya, belajar mencari tahu apa yang disukai oleh penonton, serta menunjukkan kejujuran dalam bermusik di setiap penampilannya, secara bertahap jumlah penikmat musiknya pun bertambah.

Baca Juga:  Serial Live-Action Resident Evil Milik Netflix Mengungkap Para Pemeran Utamanya

Content creator itu menurut saya hampir sama seperti art maker yang memerlukan ruang untuk berekspresi dan mengaktualisasikan diri. Selama konten atau musik yang dihadirkan bersumber dari hati, saya yakin akan mengundang para pendengar baru dan syukur jika hal itu bisa menghibur mereka. Apalagi di saat pandemi saat ini, dimana masyarakat mengalami krisis hiburan,” cerita Arief. Dari konsistensinya menerapkan jadwal untuk live show-nya, Arief bahkan masuk ke dalam jajaran top performance di GoPlay Live.

Semoga 4 resep jitu ini bisa menjadi rujukan bagi para content creator pemula yang ingin lebih serius menekuni bidang live streaming. GoPlay sebagai wadah kreasi pembuat konten lokal akan memberikan dukungan penuh untuk menjangkau audiens secara lebih luas. Jadi, sudah siap tampil sebagai content creator handal?




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.