Photo Illustration by Joe Rodriguez - Rolling Stone

10 Komedi Situasi Terbaik Sepanjang Masa (Bagian 1)

212

Dari cerita keluarga hingga sekumpulan teman nongkrong, klasik komedi romantis dengan parodi kehidupan, dan komedi garing yang menampilkan antihero. Hal tersebut bisa kita temui dalam cerita di ratusan series situasi komedi yang membuat kita semua tertawa, berpikir, kadang menangis, dan tertawa lagi dan lagi.

Rolling Stone mengurutkan 100 series situasi komedi terbaik sepanjang massa. Cinemags merangkum 10 series situasi terbaik versi Rolling Stone tersebut. Untuk memilih 100 komedi situasi terbaik, pertama-tama Rolling Stone harus memutuskan bagaimana mendefinisikan istilah komedi situasi tersebut.

Mereka menerapkan definisi sendiri pada situasi komedi yaitu definisi terkenal dari Hakim Agung asal Amerika Serikat, Potter Stewart: “I know it when I see it.” Sehingga, program TV Enlightened dan The Wonder Years tampaknya lebih condong ke sisi drama,. Sedangkan, serial Atlantai dan Better Things memiliki cukup komedi untuk memenuhi syarat.

Daftar ini juga seluruhnya terdiri dari komedi berbahasa Inggris, terutama Amerika. Ini dia 10 Series Komedi Situasi terbaik sepanjang masa:

10. The Larry Sanders Show (HBO, 1992-1998)

The Larry Sanders Show (HBO) TV Series
1992-1998 Shown from left: Garry Shandling (as Larry Sanders), Rip Torn

Garry Shandling telah menjadi pembawa acara tamu untuk Johnny Carson di berbagai tempat selama bertahun-tahun, dan termasuk dalam daftar orang-orang yang berpotensi mengambil alih The Tonight Show ketika ‘The Great One’ pensiun. Jadi, siapakah yang lebih baik untuk merubah workplace comedy tentang pembawa acara bincang-bincang narsistik dan neurotic yang dapat menggandakan satir-komedi, lengkap dengan selebriti memainkan versi menjengkelkan dari diri mereka sendiri?

9. Parks and Recreation (NBC, 2009-2015)

Awalnya lahir dari keinginan NBC untuk membuat Office spin-off, Parks hamper seketika menjadi sesuatu yang berbeda dan lebih baik. Dalam beberapa awal episode, pegawai negeri Amy Poehler, Leslie Knope tampak seperti sepupu yang naïf bagi Michael Scott, tetapi pembuat Parks (Office alumni), Greg Daniels dan Michael Scur cepat menyadari bahwa karakter lain harus bereaksi terhadap antusiasme tak terbatas Leslie dengan rasa kagum, dan bukan sebaliknya.

Baca Juga:  Trailer Welcome to Earth Bawa Will Smith Menjalani Petualangan Seru

Dan hal tersebutlah yang membuat berbeda. Kehangatan hubungan yang diberikan oleh Leslie dengan rekan kerja dan teman-temannya membuat Parks tak henti-hentinya dapat ditonton ulang, bahkan sampai-sampai Anda akan tertawa terbahak-bahak hingga perut sakit, inilah salah satu komedi situasi terdalam yang pernah ada.

8. The Honeymooners (CBS, 1955-1956)

THE HONEYMOONERS, from left; Art Carney, Jackie Gleason, Audrey Meadows , ‘A Matter of Life and Death’, (Season 1, ep. 105, aired Oct. 29, 1955), 1955-56

Dapur apartemen petak milik sopir bus lincah Ralph Kramden (Jackie Gleason) dan istrinya yang mudah kecewa Alice (Audrey Meadows)  dengan mudah bias menjadi tempat untuk drama panggung tragis tentang orang-orang putus asa yang berkutat dengan kecilnya hidup mereka. Alih-alih, Gleason dan kawan-kawan menggunakan kenyataan pahit itu untuk mendasarkan interaksi konyol antara Ralph, Alice, pekerja saluran pembuangan Ed Norton (Art Carney), dan istri Ed, Trixie (Joyce Randloph), untuk membuat lelucon itu terasa seperti manis lepas dari Ralph dan keadaan menyakitkan Alice.

Ralph si tukang gertak nyaris menutupi keputusasaan, dan kesadaran tak terucapkan bahwa mimpinya tentang menjadi kaya secara cepat tidak akan pernah membuahkan hasil. Secara teknis, Gleason dan Carney memainkan karakter ini dalam sketsa selama bertahun-tahun sebelum dan sesudah pertunjukan ini, tetapi episode “klasik 39” adalah yang diingat semua orang. Dan dianggap itu adalah serial satu musim terbesar dalam sejarah TV.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.